-->

Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer

Pada kali ini, saya akan membahas tentang apa itu router, dan seperti apa fungsinya pada jaringan pc atau komputer. Alat ini sebenarnya merupakan sebuah perangkat dari jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3.

Pengertian Router ? Router adalah alat atau Device perangkat komputer yang tugasnya menyampaikan paket data melewati jaringan internet hingga sampai ketujuannya. Alat ini merupakan sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3, Pada layer ini sudah dikenal pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, serta router ini berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan/lebih.


Apa Itu Router?

Router merupakan device atau alat perangkat dari komputer yang bertugas untuk menyampaikan paket data melalui jaringan internet agar dapat sampai ketujuannya. Perangkat ini adalah sebuah jaringan yang bekerja pada OSI Layer 3.

Pada layer ini sudah dikenal dengan pengalamatan jaringan menggunakan IP Address, selain itu. router ini juga sangat berperan penting sebagai penghubung paket data diantara dua segmen jaringan bahkan bisa lebih.


Jenis-Jenis Router

Sebagian besar, router terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama adalah Router Dedicated atau bisa juga diartikan sebagai perangkat yang memang dibuat khusus sebagai router. Yang kedua adalah Router PC untuk komputer biasa baik itu berbasis windows, linux atau lainnya yang dapat diprogram agar menjadi router.

Sekarang ini, sangat banyak juga perangkat lain yang fungsinya tidak dikhususkan untuk router tapi memang bisa dipakai sebagai router jaringan. Misalnya: Modem ADSL dan Radio Wirelles.

Modem ADSL yang saat ini paling banyak dipakai di Indonesia yaitu dari Modem speedy dan ISP nasional Speedy. selain berperan sebagai modem proses dial-up koneksi internet dari ADSL, bisa juga digunakan sebagai router. Yang mana jika dalam satu kantor memakai modem speedy ini, maka tidak akan memerlukan lagi perangkat tambahan untuk dijadikan router. Namun memang perangkat yang seperti ini memiliki kekurangan dibanding dengan perangkat khusus untuk router.

Contoh kekurangan router dari modem Speedy salah satunya adalah tidak memiliki fitur bandwidth management. Dimana hal tersebut di dalam router sangatlah diperlukan jika komputer yang ada pada jaringan tersebut banyak, dan peran router membagi beban bandwidth untuk setiap komputer tersebut.

Contoh router yang dibuat khusus oleh pabrikan salah satunya adalah router Mikrotik. Mikrotik banyak digunakan karena harganya yang bisa dibilang terjangkau, selain itu, mudah untuk dikonfigurasi jika dibandingkan dengan perangkat semisal Router Cisco.

Dengan memakai perangkat router dari Mikrotik, kita jadi bisa mengatur beban bandwidth dari setiap client, dengan mengatur firewall yang mana dalam sebuah router sangat berperan penting untuk mengatur lalu lintas masuk dan keluar.


Keunggulan Router dibandingkan HUB dan Switch

Jika dibandingkan, yang pertama mungkin dari OSI Layer yang berbeda sehingga fungsi routernya tidak hanya sebagai jembatan koneksi jaringan saja, namun juga dengan Router ini, kita dapat mengkoneksikan jaringan dengan host berbeda, anda juga bisa mengatur bandwidth internet, mengatur virtual lan (VLAN), hingga kecepatan disetiap port jaringan.


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, bahwa pengertian router adalah suatu alat atau perangkat yang memiliki peran penting dalam mengatur lalu lintas data pada sebuah jaringan komputer baik itu LAN, MAN, WAN, dan Internet.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..


Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Router Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel