-->

Didatangi DC pinjol? Apa yang harus dilakukan?

 

Didatangi DC pinjol? Apa yang harus dilakukan?

Cara hadapi Dc pinjol yang datang kerumah

Banyak dari kita para peminjam pinjaman online atau pinjol yang khawatir ketika kita diancam akan didatangi langsung kerumah oleh dc pinjol karena kita belum mampu membayar pinjaman kita yang sudah terlambat.

Bagi anda yang merasakan hal yang sama dengan topik saya kali ini,saya sangat menyarankan anda untuk tidak panik atau berlebihan dalam kasus seperti ini. Karena didatangi oleh dc pinjol itu tidak seburuk seperti apa yang anda fikirkan.

Kali ini saya ingin berbagi beberapa tips bagaimana caranya agar si dc tidak berani macam-macam saat berhadapan dengan anda ditempat anda.

Namun sebelum itu saya akan berikan dulu informasi dc mana yang beneran kerumah dan dc mana yang hanya menggertak saja untuk menakut-nakuti anda agar mau membayar saat itu juga. Berikut Informasinya:

1. Semua pinjol ilegal tidak mempunyai dc

Jika anda mendapat ancaman dari pinjol ilegal bahwa dc mereka sedang menuju kerumah anda,saya pastikan 1000% itu bohong.

Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa semua pinjol ilegal tidak akan datang kerumah anda seberapa besarpun pinjaman anda. Jadi anda tidak perlu takut dengan ancaman tersebut.

Jika anda belum tahu bagaimana cara membedakan pinjol ilegal dan yang legal anda bisa lihat disini: Cara membedakan pinjol ilegal dan yang legal

2. Hanya beberapa pinjol legal saja yang mempunyai dc lapangan 

Ini juga saya sudah pernah bahas sebelumnya,bahwa hanya beberapa saja pinjol legal yang mempunyai dc lapangan. Tidak semua pinjol legal punya dc lapangan yang akan kerumah anda,untuk info lebih lanjut silahkan lihat pinjol mana saja yang ada dc lapangannya disini: Daftar pinjol yang mempunyai dc lapangan

3. Mendapatkan pesan bahwa dc sedang dalam perjalanan kerumah anda

Jika anda mendapatkan pesan bahwa si dc sedang dalam perjalanan menuju kerumah anda,itu juga sudah pasti hanya gertakan atau hoax. Meskipun si dc tersebut mengirimkan foto bahwa ia sedang dijalan,anda jangan percaya. Itu hanya akal akalan mereka supaya anda melakukan transfer pembayaran saat itu juga.

Karena jika memang si dc beneran mau ke rumah anda,mereka tidak akan memberitahu anda terlebih dahulu. Mereka akan datang secara dadakan. Karena jika mereka memberitahu anda terlebih dahulu,mereka takut anda tidak akan ada dirumah sehingga proses penagihanpun tidak dapat dilanjut.

Ok saya berharap anda paham dengan maksud dari informasi diatas. Sekarang bagaimana tipsnya jika si dc sudah benar ada didepan pintu rumah anda?. 

Ini beberapa tips dari saya jika anda berhadapan dengan dc lapangan pinjol:

1. Jangan terlihat takut

Jangan terlihat takut

Ini adalah tahap paling penting dalam menghadapi dc pinjol.

Awal pertemuan anda dengan si dc akan menentukan jalannya percakapan anda. Jika anda terlihat takut atau panik saat menjamu si dc,maka si dc akan berani melancarkan rencananya untuk membuat anda melakukan pembayaran saat itu juga. Entah dengan paksaan,ancaman data,dan hal-hal lainnya supaya anda mau membayar.

Tapi jika anda santai lebih bagus lagi tegas. Maka si dc akan sedikit menahan rencananya karena si dc pun harus menjaga situasi agar tidak menjadi panas dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Karena intinya,baik atau tidaknya dc yang masuk kerumah anda itu tergantung dari bagaimana anda mengendalikan situasi.

2. Mintai dokumen sah dari si dc

Ini juga salah satu tips ampuh biar si dc tidak berani macam-macam dalam penagihan.

Sebelum si dc memasuki rumah anda,baiknya anda mintai dulu data dari dc tersebut.

Contoh:

Saat si dc hendak masuk rumah anda,anda katakan dulu kepada si dc seperti ini "Maaf mas,sebelum masuk,saya minta dulu surat bukti penagihan dari pinjol anda dan saya mau fotoin dulu e-ktp anda. Karena disini saya ingin menghindari segala bentuk penipuan,dan sayapun harus tahu dengan siapa saya akan bernegosiasi". Dengan cara ini si dc tidak akan berani berlebihan karena dia tahu bahwa data dia sudah kita pegang. Jadi kalo ada apa-apa kita bisa cari langsung dia ke alamat e-ktp nya.

Jika si dc tidak bisa memberikan surat penagihan dari perusahaan dan tidak mau memberikan data e-ktp nya,maka anda boleh menolak masuk si dc tersebut dan suruh pulang lagi aja. Dengan alasan kita tidak bisa menerima tamu dari orang yang ga dikenal dan kita tidak bisa melanjutkan negosiasi jika tidak ada surat resmi dari perusahaan. Jika si dc bandel tidak mau pulang,ancam saja akan dilaporkan ke keamanan setempat karena orang ga dikenal yg memaksa masuk rumah.

3. Anda tidak harus membayar saat itu juga

Kehadiran dc pinjol kerumah anda bukan berarti anda harus membayar pinjaman saat itu juga.

Anda saaangat sangaaaat sangaaat punya hak untuk berkata "maaf mas..saya belum ada dana untuk mengembalikan pinjaman,silahkan kembali di lain waktu"  Karena fungsi dari dc itu untuk memastikan bahwa anda benar ada di alamat yang dicantumkan dan anda tidak berniat lari dari kewajiban. hanya jika anda belum ada dana untuk melakukan pembayaran,yaa mau bagaimana lagi..

Justru sebaliknya.. Si dc tidak punya hak untuk memaksa anda supaya melakukan pembayaran saat itu juga. Jika anda mendapat paksaan,silahkan anda laporkan ke pihak berwajib. Saya jamin si dc bakal kabur duluan.

Jika si dc mengancam bahwa kasus ini akan dibawa ke sidang perdata,itu lebih bagus. Karena dalam sidang perdata itu,pihak pengadil akan melihat seperti apa kondisi keuangan anda dan pihak pengadil akan menentukan berapa pembayaran yang akan dicicil sesuai kemampuan anda terkini. Jadi anda tidak perlu takut. Intinya jika belum mampu membayar ya jangan memaksakan.

Lagipula saya 1000% yakin anda tidak akan dibawa ke sidang perdata. Untuk membuka sidang perdata itu si pinjol harus membayar biaya keamanan,biaya tempat sidang,dan biaya pengadil yang mana semua biaya itu berjuta-juta alias tidak sedikit. Jadi terlalu konyol jika kasus pinjol yang hanya hutang 2-5 juta dimasukan ke sidang perdata.

Berikut adalah hal-hal yang harus anda ketahui jika berhadapan dengan dc pinjol yang datang kerumah:

- Jangan mau sampai menjual barang berharga atau lainnya demi membayar pinjol saat itu juga.

- Jangan mau disuruh menuliskan surat perjanjian penyitaan barang jika masih belum mampu membayar pinjaman.

- Jangan takut bila diancam dalam bentuk apapun,mereka hanya akan menakut-nakuti saja.

- Jika merasa si dc sudah keterlaluan,silahkan lapor keamanan setempat.

Ok sekian postingan saya kali ini tentang Didatangi DC pinjol? Apa yang harus dilakukan?

Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.
Terima kasih sudah berkunjung..

2 Komentar untuk "Didatangi DC pinjol? Apa yang harus dilakukan?"

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel