-->

Orde baru dan Reformasi | Materi UTBK Sejarah

 

Orde baru dan Reformasi

Orde Baru 

Orde Baru lahir dari diterbitkannya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) pada tahun 1966, yang kemudian menjadi dasar legalitasnya.

Orde Baru bertujuan meletakkan kembali tatanan seluruh kehidupan rakyat, bangsa, dan negara pada kemurnian pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 

Masa orde baru erat kaitannya dengan masa pemerintahan Soeharto, yang dimana pada tanggal 11 maret 1966 ia mendapat surat perintah langsung dari presiden Soekarno untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara yang pada saat itu lagi kacau.

Pada dasarnya, pemerintahan orde baru merupakan tatanan yang ada dalam kehidupan rakyat indonesia, bangsa dan negara yang diletakkan sebagai mana mestinya dalam ideologi negara yaitu Pancasila. Dengan kembali mengacu kepada UUD 1945 untuk perbaikan-perbaikan terhadap penyelewengan-penyelewengan yang telah terjadi pada masa lampau dan membangun kembali kekuatan bangsa indonesia dengan membangkitkan dan menumbuhkannya kembali, mempercepat pembangunan-pembangunan bangsa indonesia, serta mengembalikan bangsa indonesia ke jalan yang lurus dengan tuntunan yang dikenal sebagai Tri Tuntutan rakyat (Tritura). 

Reformasi 

berasal dari kata reformation dari akar kata reform, sedangkan secara harfiah reformasi mempunyai 
pengertian suatu gerakan yang memformat ulang, menata ulang, menata kembali hal-hal yang menyimpang, untuk dikembalikan pada format atau bentuk semula sesuai dengan nilai-nilai ideal yang di cita-citakan rakyat. Reformasi juga di artikan pembaharuan dari paradigma, pola lama ke 
paradigma, pola baru untuk memenuju ke kondisi yang lebih baik sesuai dengan harapan.

Syarat dilakukannya Reformasi:

- Adanya suatu penyimpangan. 
- Berdasar pada suatu kerangka struktural tertentu. 
- Gerakan reformasi akan mengembalikan pada dasar serta sistem Negara demokrasi. 
- Reformasi dilakukan kearah suatu perubahan kearah kondisi serta keadaan yang lebih baik 
- Reformasi dilakukan dengan suatu dasar moral dan etik sebagai manusia yang Berketuhanan Yang Maha Esa, serta terjaminnya persatuan dan kesatuan bangsa. 

Tujuan Reformasi 

- Melakukan perubahan secara serius dan bertahap untuk menemukan nilai-nilai baru dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
- Menata kembali seluruh struktur kenegaraan, termasuk perundangan dan konstitusi yang menyimpang dari arah perjuangan dan cita-cita seluruh masyarakat bangsa.
- Peranan Pancasila sebagai paradigma reformasiInti reformasi adalah memelihara segala yang sudah baik dari kinerja bangsa dan negara dimasa lampau, mengoreksi segala kekurangannya sambil merintis pembaharuan untuk menjawab tantangan masa depan.
- Pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara masa lalu memerlukan identifikasi, mana yang masih perlu pertahankan dan mana yang harus diperbaiki. 
- Pemilihan umum, salah satu sarana demokrasi yang penting, baru dipandang bebas apabila dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
- Peranan Pancasila dalam era reformasi harus nampak sebagai paradigma ketatanegaraan, artinya Pancasila menjadi kerangka pikir atau pola pikir bangsa Indonesia, khususnya sebagai Dasar 
Negara. Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa dan 
bernegara.

Baca offline Materi full UTBK SEJARAH  disini: Download PDF

Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.
Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Orde baru dan Reformasi | Materi UTBK Sejarah"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel