-->

Bisakah data kita di apk pinjol diberikan kepada apk pinjol lainnya yang masih satu keluarga??

 

Bisakah data kita di apk pinjol diberikan kepada apk pinjol lainnya yang masih satu keluarga??


Bisakah data kita di apk pinjol diberikan kepada apk pinjol lainnya yang masih satu keluarga??. Tentunya anda pernah bertanya-tanya tentang kasus seperti ini.

Namun sebelum saya menjawab izinkan saya berdongeng tentang kasus diatas biar lebih memahami.

Jadi saya ambil contoh Apk Pinjamindo. Apk ini adalah apk pinjol legal yang terdaftar di OJK. Kemudian anda mengajukan pinjaman disini dengan data asli anda dan di acc.

Nah tidak lama kemudian anda mengajukan dan di acc lagi di apk pinjol ilegal bernama Duitqu dengan data fake/palsu. Apk pinjol duitqu ini masih satu keluarga dengan pinjamindo. Yang kemudian anda gagal bayar di apk duitqu ini.

Trus yang jadi pertanyaannya apakah bisa apk pinjamindo membocorkan data asli anda ke apk duitqu??

Jawabannya adalah TIDAK BISA.

Apk pinjol tidak akan memberikan data anda ke apk pinjol lainnya meskipun kedua apk tersebut masih satu keluarga. Apalagi jika berhubungan dengan apk pinjol legal yang terdaftar OJK. Mereka tentunya akan menjalankan segala peraturan OJK.

Sebelumnya OJK sudah membuat peraturan tentang keamanan dan kerahasiaan data nasabah didalam "POJK Nomor 13 Tahun 2018" dan disepakati oleh AFI (Asosiasi Fintech Indonesia) yang isinya mencakup 2 point penting:

1. Penyelenggara wajib menjaga keutuhan,ketersediaan dan kerahasiaan data pribadi,data transaksi dan data keuangan yang dikelola dari mulai pertama diperoleh hingga dimusnahkan.

2. Ketentuan pemanfaatan data dan informasi pengguna yang diperoleh penyelenggara harus memenuhi syarat sebagai berikut, memperoleh persetujuan dari pengguna, menyampaikan batasan pemanfaatan data dan informasi kepada pengguna.

Dengan peraturan diatas tentunya sudah pasti pihak pinjol legal tidak akan memberikan data anda kepada pihak ketiga diluar izin anda.

Oh iya satu lagi informasi. OJK membuat peraturan diatas pada tahun 2018 setelah adanya kejadian kebocoran data pribadi yang dilakukan oleh apk Rupiah Plus. Yang kemudian saat itu juga Rupiah plus langsung dicabut izin operasionalnya atau lebih jelasnya ditutup perusahaannya oleh OJK. Tentunya hal ini akan dijadikan pelajaran untuk pinjol yang terdaftar OJK lainnya untuk benar-benar menjaga kerahasiaan data nasabahnya.


Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.
Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Bisakah data kita di apk pinjol diberikan kepada apk pinjol lainnya yang masih satu keluarga??"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel