-->

Hati-hati dengan Dc pinjol bodong. Jangan sampai tertipu.

 

Hati-hati dengan Dc pinjol bodong

Kedatangan dc pinjol atau pinjaman online kerumah kita tentunya adalah hal yang kurang mengenakan. Terkadang kita suka panik sendiri ketika bertemu dengan dept collector pinjol tersebut.

Namun kita juga harus teliti ketika didatangi dc pinjol,karena bisa saja dc pinjol itu bukan asli utusan dari apk pinjol tempat anda meminjam uang,tapi seorang penipu yang bekerja sama dengan orang dalam dari apk pinjol tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Emang ada ya yang gitu?. Pasti ada.. Disaat pandemi seperti ini segala kesempatan untuk mendapatkan keuntungan bisa saja dilakukan. Kita juga harus lebih waspada lagi jangan sampai kena tipu. Udah susah cari uang,ternyata pas kita niat membayar eh tagihan kita masih nyantol di apk pinjol tersebut.

Kasus ini sudah pernah terjadi beberapa kali ketika ada dc pinjol yang melakukan penagihan entah itu melalui chat atau langsung datang kerumah kemudian menawarkan potongan biaya pembayaran tapi harus lewat cash atau ke nomer rekening tertentu. Setelah dibayar ternyata hutangnya tidak menghilang di aplikasi alias pembayaran kita tidak masuk ke sistem si pinjol tersebut tapi masuknya ke saku para penipu itu.

Ketika kita meminjam di pinjol tentunya kita bertransaksi melalui apk pinjol tersebut. Jadi bayarnyapun ya harus ke apk pinjol itu lagi jangan mau diarahkan untuk membayar ke nomer lain yang bukan dari apk pinjol yang bersangkutan.

Salah satu contoh yang akan saya tuliskan kali ini tentang dc pinjol dari apk PINJAMINDO yang membawa surat penagihan yang tidak jelas seperti gambar dibawah ini:

Surat penagihan yang tidak jelas.

dc pinjol dari apk PINJAMINDO
Foto dari postingan seseorang di facebook

Jadi ceritanya ada Dc pinjol dari pinjamindo yang datang kerumah kemudian menunjukan surat penagihan seperti gambar diatas. Belum ada kepastian apakah ini penipuan atau bukan namun anda wajib curiga jika anda diberi surat penagihan seperti gambar diatas. Kenapa:

1. Nomer staff penanggung jawab yang ditulis pakai no hp bukan nomer kantor

Dalam gambar diatas,bisa anda lihat nomer yang diwakilkan berupa no hp bukan nomer kantor. Ini sangat mencurigakan karena seharusnya jika ini surat resmi,yang dicantumkan itu nomer kantor bukan no hp perorangan.

2. Tidak ada tanda tangan resmi dari manager mereka

Jika ini benar surat resmi harusnya ada tanda tangan + cap resmi pinjamindo dari manager on duty mereka atau minimal supervisor mereka sebagai penanggung jawab atau sebagai pemberi perintah surat jalan. Tanda tangan + cap resmi pinjamindo itu harusnya ada dibagian bawah kanan tepat yang saya tandai nomer 2 di gambar atas.

3. Terdapat anjuran pembayaran cash.

Masih dari gambar diatas bisa anda lihat dibagian paling bawah ada tulisan bahwa bisa dibayar cash dengan jaminan akan dikasih kwitansi resmi. Tentunya ini sangat wajib dicurigai karena semua pinjol selalu menganjurkan untuk hanya membayar lewat aplikasi dan belum pernah saya dengar bisa lewat cash.

4. Tidak terpampang alamat yang jelas

Yang nomer 4 ini belum saya lingkari di gambar atas tapi anda lihat saja biasanya dalam surat resmi itu suka dituliskan alamat jelas kantor pusat perusahaan tepat dibawah judul. Lah ini hanya judulnya aja yang besar terpampang "MEMO PINJAMINDO" tidak ada alamat jelasnya.

Andai saja surat seperti ini datang ke rumah saya,pasti saya akan suruh balik lagi itu si dc pinjol suruh isi dulu nama penanggung jawabnya siapa,tanda tangan penanggung jawab dan cap perusahaan lengkapi lalu ganti no hp nya pake nomer kantor yang bisa saya hubungi. Baru akan saya perkenankan masuk si dc pinjol tersebut untuk lanjut bernegosiasi. Begitupun saya sarankan kepada anda.

Lah tapi kan si dc pinjol tersebut tahu dan benar tentang data tagihan pinjaman saya,berapa hutang saya dan alamat saya?. Urusan itu bisa saja si dc pinjol tersebut kerjasama dengan orang dalam dari apk pinjol itu.

Trus bagaimana dengan surat penagihan yang ada logo pinjamindo tersebut?. Surat penagihan seperti itu anak sekolahanpun bisa membuatnya. Tinggal bikin surat ketik-ketik trus kasih logo dan watermark pinjamindo yang sudah banyak dan bisa diambil dari Google.

Pada intinya kita wajib sangat teliti jika ada dc pinjol datang kerumah. mintai kejelasan identitasnya dengan detail untuk menghindari segala bentuk tindak penipuan. Karena saat pandemi ini cari uang itu susah jadi jangan dibikin susah lagi.

Sekian artikel saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.
Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Hati-hati dengan Dc pinjol bodong. Jangan sampai tertipu."

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel