-->

Tips dan trik buat anda yang baru terjun ke dunia pinjol

Tips dan trik buat anda yang baru terjun ke dunia pinjol

Pinjaman online atau pinjol memang bisa jadi solusi bagi kita untuk membantu masalah keuangan kita. Namun pinjol juga bisa jadi bencana bagi kita jika kita tidak tahu cara bermainnya.

Bagi anda yang masih awam atau baru mau mencoba masuk ke dunia pinjol ini, kali ini saya ingin bagikan beberapa tips agar kedepannya anda tetap aman dan tidak terjerumus dalam kejaran hutang pinjol.

Pinjaman online di Indonesia ini ada 2. Pinjaman online Legal (Pinjol resmi berizin OJK) dan Pinjaman online ilegal. Jika anda sebelumnya belum mengetahui benar sistem antara kedua pinjol tersebut dan bagaimana cara membedakannya, anda bisa baca disini: Perbedaan pinjol ilegal dan yang legal


Langkah awal masuk dunia Pinjol

Untuk anda yang baru mau mencoba mengajukan pinjaman di pinjol, saya sarankan untuk meminjam di Pinjol legal atau pinjol resmi berizin OJK terlebih dahulu.

Karena pinjol legal tersebut sangat cocok buat anda yang masih baru, selain data anda dijamin aman, bunga pinjaman yang sewajarnya, tenor pinjaman yang cukup panjang dan cara penagihannyapun masih bisa dibilang aman jika suatu saat anda belum mampu mengembalikan uang pinjaman anda.

Namun baru-baru ini, banyak juga pinjol legal yang kurang aman bagi para newbie pinjol karena cara penagihan yang mengancam,mengakses seluruh kontak dll sama layaknya pinjol ilegal. Jadi disini saya ingin menyarankan beberapa apk pinjol yang masih benar-benar aman untuk anda yang masih baru masuk ke dunia pinjol. Berikut diantaranya:


1. Saran apk pinjol legal

Disini saya menyarankan beberapa apk pinjol legal yang masih sangat aman untuk solusi keuangan darurat anda, diantaranya:

- Akulaku

- Kredit pintar

- Rupiah cepat

- Kredivo

- UKU

- Tunai cepat

- KTA Kilat

- Pinjam Yuk

- Tunaiku

- Asakita

- Dana bijak

- Semua yang berbentuk Paylater misalnya: Shopee paylater, traveloka paylater, Gojek paylater, Lazada paylater dan paylater-paylater lainnya.

Beberapa apk diatas aman buat anda, tapi saya ingatkan anda agar bisa mengendalikan diri anda. Karena ada beberapa apk diatas yang memberikan pinjaman dalam limit yang cukup besar. Jadi jangan terlalu bernafsu. Usahakan untuk meminjam dalam nominal yang dibutuhkan saja agar kedepannya tidak terlalu berat buat anda.


2. Pinjol legal yang tidak disarankan

Untuk beberapa pinjol legal yang akan saya tulis dibawah ini, saya tidak menyarankan karena kelakuan mereka hampir sama seperti pinjol ilegal. Kalo orang bilang ini pinjol legal rasa ilegal.

Mereka terbilang resmi dalam pengawasan OJK, tapi cara penagihannya kurang mengenakan dan terkadang ada beberapa kasus bahwa mereka melakukan penagihan keluar kontak yang tidak kita cantumkan. Berarti secara diam-diam mereka menyimpan daftar kontak kita.

Dan berikut daftar apk pinjol Legal yang tidak saya sarankan:

- Easycash

- Adakami

- Pinjamindo

- Dana rupiah

- Fintek syariah

- Kredit plus

- Bantu saku

- Fifada

- Maucash

Disini saya hanya menyarankan saja sesuai pengalaman dan dari berbagai sumber berita yang saya dapatkan termasuk hasil dari beberapa orang yang sudah berbagi cerita kepada saya sebelumnya di fanspage Fb saya. Namun semua itu kembali lagi kepada anda sendiri.


Tips dan trik agar pengajuan pinjaman online gampang di acc

Setelah saya bagikan beberapa informasi diatas, tentunya kurang lengkap kalo saya tidak bagikan juga cara agar pengajuan pinjaman kita tidak sia-sia.

Pinjol legal ini sebenarnya tidak ribet, anda juga tidak harus punya catatan bagus sebelumnya dalam track record pinjol. Asalkan cara pengisiannya benar dan data anda valid terbaca, tidak akan sulit untuk bisa di acc di beberapa pinjol legal.

Salah satu point penting agar pengajuan pinjaman anda bisa di acc diantaranya:

- Upload foto KTP dengan jelas

- Tuliskan alamat dengan lengkap dan detail

- Kontak darurat yang aktif dan merespon saat dihubungi untuk verivikasi

- data penghasilan yang terbaru

Untuk lebih lengkapnya sudah pernah saya tuliskan di artikel sebelumnya dibawah ini:

Persiapan mengajukan pinjaman online agar bisa di acc

Point penting dalam mengisi form pengajuan pinjol agar gampang di acc


Menghadapi DC Pinjol

menghadapi-pinjol


Salah satu resiko paling malesin kalo berurusan dengan pinjol legal yaitu ada kemungkinannya didatangi DC atau Dept Collector kerumah untuk melakukan penagihan terkait pinjaman yang belum terselesaikan.

Banyak yang frustasi dibagian ini. namun saya ingin menjelaskan bahwa DC pinjol itu gak seburuk yang difikirkan. Mereka bukanlah dc kelas kakap seperti mata elang dan dc lainnya seperti yang ada di berita-berita. Mereka juga gak seseram seperti apa yang kebanyakan orang bicarakan.

Dc pinjol itu hanya dc dadakan yang dibayar dengan gaji kecil. orangnyapun bapak-bapak biasa, bukan yang berwajah seram atau galak dan berkepelatihan dc profesional. Karena pinjol ini bermain di sektor keuangan kelas bawah. Mereka gak akan berani bayar dc mahal yang profesional hanya untuk menagih pinjaman yang kelasnya di angka ratusan ribu sampai 3 jutaan saja.

Jadi ga usah panik jika berhadapan dengan dc pinjol. Kalopun mereka memberikan cuitan berupa ancaman ataupun eksploitas lainnya, hiraukan saja gak usah difikirin terlalu dalam, karena cara mereka memang seperti itu dan itu hanya gertakan doang agar anda segera melakukan pembayaran pinjaman anda.

Sebelumnya sudah saya buatkan juga artikel mengenai pinjol mana saja yang dc nya datang kerumah seperti disini: daftar pinjol yang mempunyai dc lapangan 2021

Selain itu saya juga sudah buatkan bagaimana cara menghadapi dc pinjol disini: Didatangi DC pinjol? Apa yang harus dilakukan?


Menutup masalah pinjol Legal

Kebablasan pinjam sana-sini di pinjol legal dan bingung bagaimana menutup semua hutang pinjaman di pinjol legal?. Pinjol ilegal lah solusinya.

Kenapa pinjol ilegal?. Yaa karena inilah cara yang cukup ampuh buat anda menutup permasalahan anda dengan pinjol legal. Pinjam ke beberapa pinjol ilegal buat dibayarkan kepada pinjol legal. Yang pinjaman di pinjol ilegalnya gak usah dibayar.

Pinjol ilegal itu kalopun kita tidak membayar, data pinjaman kita tidak akan tercoreng dan tidak masuk SLIK OJK, karena mereka tidak terdaftar resmi di kepemerintahan Indonesia alias berdiri secara Ilegal.

Namun anda harus siapkan segalanya sebelum masuk ke pinjol ilegal. Mulai dari mental dan keamanan data anda sendiri. Karena pinjol ilegal itu akan menyadap semua kontak kita dan berpotensi melakukan aksi sebar data kita ke seluruh kontak kita jika kita gagal bayar di pinjol ilegal.

Selain itu mereka juga pasti bakal melakukan pengancaman dengan segala cara agar kita mau membayar pinjaman tersebut. Jadi pastikan anda sudah mempersiapkan mental dan mengamankan data anda terlebih dahulu sebelum terjun ke pinjol ilegal.

OJK sendiri sudah mengumumkan secara terang-terangan kalo pinjaman online ilegal itu tidak usah dibayar karena mereka berdiri liar dan tidak diakui negara.

Untuk tips agar anda aman bermain di pinjol ilegal sudah saya buatkan artikelnya disni: 8 Tips amunisi pinjol agar di acc dengan cepat

Pastikan juga anda mengamankan kontak penting anda terlebih dahulu sebelum terjun ke pinjol ilegal agar nanti kontak penting anda tidak disadap oleh mereka. Jadi kalopun nanti anda gagal bayar, data anda tetap aman.

Tak hanya itu, saya juga sudah siapkan caranya bagaimana untuk menghadapi teror dari pinjol ilegal ini: Solusi menghadapi Teror Dc pinjol ilegal 2021

Kemudian saya ingatkan anda untuk jangan terlalu kefikiran mengenai pinjol ini. Jika anda mendapatkan ancaman atau tekanan lainnya, saya tegaskan bahwa semua itu hanya gertakan saja. Jadi ga perlu dibawa beban apalagi sampai mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Jangan sampai frustasi dan jauhkan segala fikiran negatif dari semua rasa takut anda. Saya pernah gagal bayar dipuluhan apk pinjol dan sampai sekarang saya masih sehat-sehat saja. Jadi bagi anda yang sedang kefikiran masalah pinjol, lepaskan semua beban anda jangan sampai nantinya anda sendiri yang membuat sakit diri anda sendiri.

Atau anda bisa baca sejenak artikel saya yang satu ini: Frustasi akibat diteror pinjol? Ingin berhenti dan keluar dari rasa takut yang berlebihan? Ini Tipsnya


Akhir kata

Pinjol memang sangat bisa menjadi solusi bagi anda yang membutuhkan dana darurat secara cepat. Cukup isi pengajuan 3 menitan setelah itu paling dalam 15 menit dana sudah masuk ke rekening anda jika pengajuan anda di acc.

Tanpa harus pergi kesana-kesini, tinggal pencet-pencet dari hp sudah bisa mendapatkan uang.

Namun harus diingat juga bahwa disetiap kemudahan itu ada resiko besar yang menanti juga. Apalagi jika anda tidak bisa mengendalikan diri, bisa-bisa anda akan terjerumus kedalam hutang pinjaman yang sangat banyak.

Jadi fikirkanlah sematang mungkin sebelum benar-benar mau terjun ke dunia pinjol. Saran saya sih kalo mau ke dunia pinjol, cukup pinjam saja sesuai kebutuhan dan kesanggupan anda dalam mengembalikan pinjaman tersebut.

Saya hanya memberi saran yang mungkin akan berguna untuk anda. Diluar itu saya tidak bertanggung jawab dengan segala yang akan terjadi kedepannya. Karena semua ini kembali lagi kepada keputusan anda sendiri.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Tips dan trik buat anda yang baru terjun ke dunia pinjol"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel