-->

Info terbaru tahap 3 Bantuan UMKM BRI dan BNI sebesar Rp 1,2 juta.

 

bantuan-UMKM

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang kabar informasi terbaru mengenai lanjutan program Bantuan Presiden (Banpres) kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkena dampak covid-19.

Ada dua bantuan dari pemerintah kepada pelaku UMKM, yaitu program Bantuan Presiden Usaha produktif Mikro kecil (BPUM) bersama BRI dan PNM Mekaar bersama BNI.

Program UMKM BPUM BRI adalah program bantuan untuk pelaku UMKM yang bersifat umum sementara PNM Mekaar BNI adalah program bantuan untuk pelaku UMKM yang bersifat keanggotaan Mekaar.

Sebelumnya di tahap pertama, kedua bantuan tersebut telah mengalirkan dana bantuan sebesar Rp 2,4 juta pada tahun 2020 kemarin. Kemudian ditahap kedua juga telah terlaksana bantuan dana sebesar 1,2 juta yang dimulai dari awal maret tahun ini hingga sekarang masih ada proses pencairannya.

Kini warga UMKM sedang ramai membicarakan kejelasan terkait bantuan tahap ketiga. Maka dari itu untuk menghilangkan rasa penasaran anda, saya jelaskan disini informasi lengkap mengenai program bantuan UMKM tahap 3 ini. Simak penjelasannya dibawah ini:


1. Program bantuan UMKM BPUM BRI

BPUM-BRI-tahap-3

Untuk Program bantuan UMKM BPUM BRI tahap 3 ini memang ada dan Pemerintah telah resmi membuka pendaftaran baru bagi pelaku UMKM yang sebelumnya belum sempat mendaftarkan data dirinya pada awal April 2021 lalu.

Kini sebagian wilayah pendaftaran UMKM BPUM BRI tahap 3 sudah ditutup. hanya tinggal beberapa daerah saja yang masih membuka pendaftaran. Untuk info lebih jelasnya silahkan baca disini: Pendafataran UMKM BPUM tahap 3 telah ditutup sebagian. Cek disini info selengkapnya.

Untuk cara mengecek apakah data anda terdaftar dan layak mendapatkan bantuan dari BPUM BRI silahkan anda kunjungi situs resmi BRI nya disini: https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

Silahkan masukan nomor NIK anda dikolom yang tersedia. Jika hasilnya data anda terdaftar, maka silahkan datang langsung ke cabang BRI terdekat untuk memverivikasikan data anda dan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.

Batas waktu pencairannya adalah 3 bulan sejak data anda terdaftar. Jadi jangan sampai terlewatkan ya..

Lanjut mengenai tahap ketiga..

Untuk tahap ketiga ini, menurut informasi dari pihak BRI nya yang saya tanyakan, bahwa mulainya pencairan BPUM BRI tahap 3 direncanakan pada bulan Juli-Agustus 2021 mendatang. Itupun jadwalnya bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari Pemerintahnya sendiri.

Jadi bagi anda yang sebelumnya sudah mengambil dana bantuan tahap kedua sebesar Rp 1,2 juta kemudian anda cek lagi dan ternyata data anda kembali statusnya terdaftar, itu bukanlah program bantuan tahap 3 tapi itu masih data anda yang lama belum diperbaharui.

Kecuali bagi anda yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan dana tahap kedua sebesar Rp 1,2 juta kemudian sekarang pas anda cek statusnya terdaftar, segeralah datang ke kantor cabang BRI terdekat selagi masih ada waktu. Karena pencairan dana bantuan BPUM BRI tahap 2 ini dilakukan secara bertahap guna menghindari kerumunan saat proses pencairan dana.

Bagaimana?? sudah jelas kan sekarang??. Jadi kesimpulannya BPUM BRI tahap 3 itu memang ada tapi untuk pencairannya masih belum terlaksana sekarang. tunggu saja di bulan Juli-Agustus mendatang. Umtuk saat ini yang sudah mendapatkan bantuan tahap 2 ga usah bulak balik cek NIK di eform BRI.


2. Program bantuan UMKM PNM Mekaar BNI

pnm-mekaar-bni

Berbanding terbalik dengan UMKM BPUM BRI tahap 3. Di BNI ini belum ada yang namanya tahap ketiga. Koq di BRI ada tahap ketiga sementara di BNI ga ada??. Karena BPUM BRI itu bersifat umum sementara PNM mekaar BNI ini bersifat keanggotaan. wajar bila Pemerintah memberi lebih pada yang umum karena kuota penduduknyapun pasti lebih banyak.

Untuk cara mengeceknya anda bisa kunjungi langsung situs resmi BNI nya di banpresbpum.id. caranya tinggal masukan nomor NIK dikolom yang tersedia dan pilih "cari".

Sama layaknya BPUM BRI, bagi anda yang sebelumnya sudah mengambil dana bantuan tahap kedua sebesar Rp 1,2 juta kemudian anda cek lagi dan ternyata data anda kembali statusnya terdaftar, itu bukanlah program bantuan tahap 3 tapi itu masih data anda yang lama belum diperbaharui.

Kecuali bagi anda yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan dana tahap kedua sebesar Rp 1,2 juta kemudian sekarang pas anda cek statusnya terdaftar, segeralah datang ke kantor cabang BNI terdekat selagi masih ada waktu. Karena pencairan dana bantuan PNM Mekaar BNI tahap 2 ini dilakukan secara bertahap guna menghindari kerumunan saat proses pencairan dana.

Lah misalkan tapi saya cek mutasi di atm BNI ada dua saldo sebesar Rp 1,2 juta padahal saya baru ambil sekali yang Rp 1,2 juta nya itu... Simak seperti gambar dibawah ini:


Penjelasan mengenai gambar diatas itu bukan berarti anda mendapatkan bantuan dana untuk yang kedua kalinya atau itu pencairan tahap ketiga. Tapi perhatikan kode CR dan DR dari gambar samping yang saya lingkari, Cr artinya dana masuk dan DR artinya dana keluar atau dana tersebut telah diambil.

Jadi arti dari gambar diatas maksudnya bahwa ada dana masuk sebesar Rp 1,2 juta kemudian telah diambil sebesar Rp 1,2 juta juga. Paham kan sekarang?.

So.. Kesimpulannya bahwa program bantuan UMKM PNM Mekaar BNI tahap 3 itu untuk saat ini belum ada. Jangan mudah percaya denga informasi orang lain yang belum jelas asal-usulnya. Bagi yang sudah mendapatkan dana tahap kedua,ga perlu bulak-balik ke atm atau bank BNI. Karena hasilnya akan tetap ZONK sampai nanti ada berita terbaru terkait tahap ketiga program bantuan UMKM PNM Mekaar BNI.

Update artikel tahap 3 cek disini : Yang kemarin daftar bulan April sudah bisa di cek dan dicairkan BPUM tahap 3

Update 28 Mei 2021: Pemerintah membuka kembali pendaftaran online BPUM tahap 3 kuartal 2 bagi mereka yang sebelumnya belum sempat mendaftar. Cek link pendaftaran onlinenya DISINI.


Akhir Kata

Itulah penjelasan saya mengenai Info terbaru tahap 3 Bantuan UMKM BRI dan BNI sebesar Rp 1,2 juta.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..


Belum ada Komentar untuk "Info terbaru tahap 3 Bantuan UMKM BRI dan BNI sebesar Rp 1,2 juta."

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel