-->

4 Langkah mudah mencairkan tahap 3 BPUM BRI

BPUM BRI tahap 3, bantuan UMKM, cara daftar, cara mencairkan


Bantuan presiden (Banpres) yang disebut BPUM BRI tahap 3 sudah bisa dicairkan. Bantuan ini diperuntukan kepada pelaku UMKM yang sedang terkena dampak covid-19.

Sebelumnya sudah diselenggarakan BPUM BRI tahap 1 sebesar Rp. 2,4 juta pada tahun 2020 kemarin.

Kemudian BPUM BRI tahap 2 sebesar Rp. 1,2 juta yang pencairannya akan selesai pada akhir bulan Mei 2021 ini.

Dan sekarang waktunya bagi BPUM tahap 3 yang akan diselenggarakan proses pencairannya yang mana jumlah nominalnya sama dengan tahap 2 sebelumnya yaitu sebesar Rp. 1,2 juta.

Masih banyak yang bertanya-tanya gimana sih cara mencairkan dana bantuan BPUM BRI tahap 3 ini?. Untuk itu kali ini saya akan share caranya agar dana bantuan tahap 3 ini bisa anda cairkan tanpa kendala.

Namun sebelumnya saya informasikan bahwa yang akan mendapatkan dana bantuan tahap 3 kali ini adalah mereka yang baru mendaftarkan dirinya pada bulan April kemarin.

Kemudian bagi yang sudah pernah mendapatkan bantuan di tahap 1 atau tahap 2 sebelumnya, maka tidak akan mendapatkan bantuan di tahap 3 ini. Meskipun saat anda cek data anda hasilnya hijau atau terdaftar, itu hanya data anda yang sebelumnya yang belum diperbarui.

Ok langsung saja kali ini saya bagikan langkah-langkahnya untuk dapat mencairkan dana bantuan BPUM BRI tahap 3 ini. Berikut caranya:


4 Langkah mencairkan dana bantuan BPUM BRI tahap 3

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar pencairan dana tahap 3 ini bisa mendarat mulus ke dompet anda. Langsung saja simak dibawah ini:


1. Cek data anda di laman resmi eform BRI

Yang pertama anda lakukan adalah memastikan data anda sudah terdaftar agar layak mendapatkan bantuan tahap 3 kali ini.

Untuk cara mengeceknya hampir sama seperti program BPUM tahap 2. Yaitu silahkan anda kunjungi situs resmi e-form BRI disini: https://eform.bri.co.id/bpum

Setelah anda masuk ke situs eform BRI tersebut,silahkan masukan nomor NIK KTP anda lalu masukan kode verivikasi yang tertera dan pilih proses inquiry>.

eform bri


Nanti akan ada tampilan pemberitahuan. Jika tertera data anda tidak terdaftar,maka anda belum bisa mendapatkan bantuan BPUM BRI tahap 3 ini.

Namun jangan langsung berkecil hati. Silahkan anda cek lagi nanti secara berkala di bulan depannya karena pencairan dana BPUM BRI tahap 3 ini dilakukan secara bertahap untuk menghindari terjadinya kerumunan saat proses pencairan.

Sedangkan bagi anda yang hasil datanya terdaftar, maka artinya anda layak untuk mendapatkan dana bantuan tahap 3 ini. langsung saja ikuti tahap selanjutnya.

Oh iya.. Sempat terjadi beberapa masalah saat pengecekan data anda di eform BRI, salah satunya ketika data sudah terdaftar namun namanya tidak tercantum alias masih tanda (-). Lalu ada juga yang saat di cek sudah terdaftar tapi pas besoknya di cek ulang malah jadi tidak terdaftar.

Bagi anda yang mengalami diantara kedua masalah tersebut, jangan khawatir, itu karena data program tahap 3 belum sepenuhnya masuk sistem eform BRI. Namun pertanggal 26 Mei 2021 data tersebut sudah selesai masuk sistem eform BRI. Silahkan anda cek kembali.


2. Mendatangi kantor cabang BRI terdekat

Setelah data anda yakin terdaftar, silahkan langsung saja anda mendatangi kantor cabang BRI terdekat di tempat anda sambil membawa e-KTP.

Sesampainya di kantor cabang BRI, anda hampiri saja security BRInya lalu sampaikan bahwa anda ingin mengecek data anda apakah sudah ada saldo BPUMnya atau belum ada.. Lalu serahkan e-KTP anda pada security tersebut dan tunggu keputusan dari hasil pengecekan tersebut.

Jika hasilnya sudah ada saldonya, maka data anda sudah bisa mencairkan dana bantuan tahap 3. Dalam posisi seperti ini, biasanya security bank tersebut akan memberikan anda 2 pilihan:

1. "Apakah dana tersebut akan dicairkan di cabang tersebut dengan estimasi pencairan tanggal sekian?"

2. "Atau anda akan melakukan proses pencairan di kantor cabang BRI lain?"

(Setiap cabang BRI mempunyai estimasi tanggal pencairan yang berbeda-beda. Tergantung dari seberapa banyak orang yang akan mencairkan dana bantuan tahap 3 ini di cabang tersebut. Karena Pihak bank hanya akan mencairkan dana bantuan 50 orang perharinya, guna mengurangi kerumunan saat proses pencairan)

Jadi tergantung dari anda sendiri, jika mau lebih awal tanggal pencairannya, silahkan cari kantor cabang BRI yang masih sepi atau belum banyak dikunjungi oleh calon penikmat dana bantuan tahap 3 tersebut.

Setelah anda memutuskan untuk mencairkan dana di bank tersebut, nanti pihak security akan mencatat data anda lalu security itu akan memberikan anda formulir pembuatan rekening baru dan formulir surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM). Silahkan bawa pulang kedua formulir tersebut untuk di isi dirumah.


3. Siapkan dokumen yang diperlukan

Sambil menunggu tiba tanggal pencairan, anda bisa siapkan dokumen yang diperlukan untuk nanti proses pencairan.

Agar proses pencairannya lancar tanpa halangan, pastikan anda sudah menyiapkan beberapa dokumen dibawah ini ya..

- Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

- Surat Keterangan Usaha (SKU)

- Foto anda saat sedang bersama tempat usaha anda

- hasil screenshoot bahwa anda benar terdaftar di laman eform BRI (di print out)

- formulir pembuatan rekening baru dan formulir surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) yang sebelumnya dikasih security dan sudah anda isi

Jika semua dokumen diatas sudah anda siapkan, saya yakin anda tidak akan mendapat halangan saat proses pencairan nanti.


4. Kembali lagi ke bank BRI

Langkah terakhir.. Setelah tanggal pencairan anda tiba. Silahkan anda kembali lagi ke cabang BRI yang sebelumnya sudah anda tentukan.

Kemudian berikan semua dokumen yang sebelumnya sudah anda siapkan. Lalu tunggu saja pihak bank memproses data anda.

Setelah data anda selesai diproses pihak bank tersebut, maka saat itu juga dana pencairan BPUM BRI tahap 3 sudah bisa anda dapatkan.


Kalo masih kurang jelas, bisa baca disini tentang tanya jawab lengkap seputar BPUM BRI tahap 3

Update 28 Mei 2021: Pemerintah membuka kembali pendaftaran online BPUM tahap 3 kuartal 2 bagi mereka yang sebelumnya belum sempat mendaftar. Cek link pendaftaran onlinenya DISINI.


Akhir kata

Sekian sharing saya kali ini mengenai langkah mudah mencairkan dana bantuan BPUM BRI tahap 3.

Bantu share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Jika masih ada yang mau ditanyakan, silahkan tuliskan dikolom komentar.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^

Belum ada Komentar untuk "4 Langkah mudah mencairkan tahap 3 BPUM BRI"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel