-->

Latihan soal dan Pembahasan UM-PTKIN IPS terpadu (Sosiologi) 2021

  

UM-PTKIN-IPS-terpadu

Pembahasan latihan soal 1: UM-PTKIN IPS terpadu (Sosiologi)


1. Romlah sering mengajarkan anaknya bagaimana cara memasak dan menyajikan memu makanan di rumahnya. 

Romlah juga dikenal gigih mengajarkan kepada anak- anaknya tentang makna hidup bermasyarakat. Apa yang dilakukan Romlah merupakan …

a. Tujuan interaksi.

b. Jenis interaksi.

c. Tujuan sosialisasi.

d. Jenis sosialisasi.


PEMBAHASAN :

Tujuan Sosialisasi

Sosialisasi memiliki tujuan yang baik bagi kehidupan seseorang di suatu kelompok masyarakat, berikut 

beberapa tujuan sosialisasi:

1) Mengajarkan seseorang tentang keterampilan yang berguna dalam bertahan hidup atau menyesuaikan diri pada suatu kelompok masyarakat.

2) mengembangkan komunikasi seseorang agar dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif.

3) mengajarkan bagaimana intropeksi diri yang tepat agar dapat mengembangkan fungsi organiknya.

4) mengajarkan tentang tugas pokok yang harus dilakukannya dengan menanamkan nilai serta suatu kepercayaan pada diri seseorang.


2. Roni dan Rina sudah berumahtangga selama sepuluh tahun. Mereka tinggal di salah satu perumahan di Kota Jakarta yang padat penduduknya. Keluarga ini merasa kesulitan membuang sampah sehingga kadang- kadang mereka membuangnya di sungai.

Tindakan mereka ini merupakan …

a. Peyimpangan alamiah yang dibawa mereka sejak lahir.

b. Penyimpangan berat yang tidak dapat ditoleransi masyarakat.

c. Penyimpangan primer yang bersifat sementara dan dapat ditoleransi.

d. Penyimpangan sekunder yang tidak dapat ditoleransi dan dilakukan berulang.


PEMBAHASAN :

Penyimpangan Primer (Primary Deviation) adalah penyimpangan yang bersifat sementara dan tidak 

dilakukan secara berulang.Penyimpangan Sekunder (Secondary Deviation) adalah penyimpangan yang 

secara umum sering dilakukan atau sering disebut perbuatan menyimpang dan dilakukan secara berulang


3. Gerakan reformasi yang dipelopori para mahasiswa pada tahun 1998 menjadi titik awal bagi terbukanya kehidupan demokrasi di Indonesia. Pasca reformasi terjadi perubahan sosial yang berakibat pada munculnya berbagai kelompok sosial dengan berbagai kepentingan. Perubahan 

semacam itu merupakan …

a. Proses terjadinya konflik

b. Tahapan terjadinya konflik

c. Akibat dan fungsi konflik

d. Faktor penyebab konflik


PEMBAHASAN :

(sudah jelas)


4. Pasca Indonesia merdeka, masih ada Negara asing mencoba datang kembali dengan tujuan menjajah. Bermodal semangat persatuan dan kesatuan masyarakat Surabaya berhasil mengusir penjajah.

Fenomena bersatunya rakyat tersebut …

a. Fungsi positif konflik

b. Fungsi aktif konflik

c. Fungsi strategis konflik

d. Fungsi sekunder konflik


PEMBAHASAN :

(sudah jelas)


5. Indonesia dan Negara-negara di Asia Tenggara tergabung dalam organisasi yang disebut ASEAN. Mereka mempunyai agenda bersama dalam menyelesaikan persoalan pada bidang-bidang tertentu. Negaranegara ASEAN termasuk …

a. Kelompok statis

b. Kelompok kemasyarakatan

c. Kelompok sosial

d. Kelompok asosiasi


PEMBAHASAN :

Kelompok asosiasi, yaitu kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal.

Contoh: Negara, sekolah.


6. Informasi yang dinyatakan melalui media elektronik dapat mempengaruhi perilaku masyarakat. Penayangan film dan sinetron yang menonjolkan kekerasan dianggap sebagai faktor yang mendorong perilaku agresif pada anak usia remaja. Di bawah ini merupakan pengaruh negative media elektronik, kecuali …

a. Memiliki kekuatan “penghakiman” sehingga sesuatu tidak sepenuhnya menggambarkan realitas.

b. Meningkatkan kesadaran terhadap persoalan sosial, politik, ekonomi, agama dan lain-lain di lingkungannya.

c. Memiliki kekuatan untuk menampilkan kekerasan berbasiskan etnis dan budaya yang mendorong kepada kebencian.

d. Mereduksi fakta sehingga menghasilkan kenyataan semu yang berakibat kepada keuntungan kelompok tertentu.


PEMBAHASAN :

(Sudah Jelas)


7. Pak Margi, warga Desa Jenggawah Kabupaten Jember Jawa Timur adalah seorang buruh tani yang penghasilannya tidak pasti. Demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga, ia memilih meninggalkan desanya untuk bekerja di Kota Surabaya. Yang dilakukan Pak Margi merupakan …

a. Faktor pendorong perubahan sosial

b. Faktor pendorong proses sosial

c. Faktor pendorong integrasi sosial

d. Faktor pendorong mobilitas sosial


PEMBAHASAN :

Mobilitas sosial adalah suatu proses pergerakan naik(social climbing) atau turunnya(social sinking) status seseorang atau kelompok masyarakat.menurut HORTON, mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan dari suatu kelas sosial ke kelas sosial lainnya.

Berikut ini ada beberapa bentuk mobilitas sosial:

1) Mobilitas sosial horizontal

2) Mobilitas sosial vertikal

3) Mobilitas antar generasi

4) Mobilitas sosial geografis 

Gerak sosial ini adalah perpindahan individu atau kelompok dari satu daerah ke daerah lain seperti transmigrasi, urbanisasi, dan migrasi.



8. Indonesia pernah menghadapi ancaman disintegrasi bangsa, baik setelah masa kemerdekaan ataupun setelah masa reformasi. Beberapa wilayah karena alasan tertentu hendak memisahkan diridari Negara kesatuan Republik Indonesia. 

Ancaman-ancaman seperti itu termasuk …

a. Dampak mobilitas sosial

b. Dampak disintegrasi sosial

c. Dampak perubahan sosial

d. Dampak komunikasi sosial


PEMBAHASAN :

(Sudah Jelas)


9. Pemerintah telah menerapkan berbagai temuah ilmiah dalam mengembangkan pendidikan di Indonesia. Melalui kementrian pendidikan, pemerintah bersikap sangat terbuka dalam merespon berbagai perubahan. 

Sikap pemerintah yang demikian ini menunjukkan adanya …

a. Modernisasi bidang pendidikan

b. Sosialisasi bidang pendidikan

c. Westernisasi bidang pendidikan

d. Konsolidasi bidang pendidikan


PEMBAHASAN :

Modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebihmaju, berkembang, dan makmur.



10. Sosiologi merupakan Ilmu sosial yang mempelajari tentang masyarakat. 

Sebagai ilmu, sosiologi memiliki cirriciri sebagai berikut, kecuali …

a. Sosiologi bersifat empiris, artinya sosiologi itu mendasarkan diri pada observasi dan penalaran, bukan atas dasar wahyu.

b. Sosiologis bersifat etis, artinya sosiologi adalah sebuah konsep yang berfungsi untuk membicarakan baikburuk perilaku sosial.

c. Sosiologi bersifat teoritis, artinya sosiologi berusaha member ikhtisar abstrak yang di dalamnya menunjukkan hubungan proposisi.

d. Sesiologi bersifat komulatif, artinya teori- teori sosiologi dibangun atas dasar teori yang satu dengan teori yang lain.


PEMBAHASAN :

sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciriciri, sebagai berikut.

- Empiris, yaitu didasarkan pada 

observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga).

- Teoritis, yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

- Komulatif, yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki, diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama.

- Nonetis, yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.

Sumber: http://bit.ly/umptkinbelajar-latsol1 

By: Rana MD

Lainnya: 

- Prediksi Soal  Lengkap UM-PTKIN 2021

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "Latihan soal dan Pembahasan UM-PTKIN IPS terpadu (Sosiologi) 2021"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel