-->

Tutorial Membuat NIB dan IUMK online langsung jadi sebagai pengganti SKU

UMKM online


 Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) merupakan surat formulir yang fungsinya hampir sama dengan Surat Keterangan Usaha (SKU). NIB dan IUMK ini berfungsi sebagai tanda terdaftarnya usaha yang anda miliki. Didalam surat tersebut terdapat data-data mengenai usaha dan data diri anda.

Saat ini NIB dan IUMK menjadi salah satu syarat wajib yang harus dimiliki jika hendak mengajukan program Bantuan Presiden (Banpres) BPUM yang saat ini sedang ramai  dibicarakan oleh para pelaku UMKM. Namun masih banyak yang kebingungan atau belum tahu bagaimana cara membuat NIB dan IUMK ini. Oleh karena itu, kali ini saya akan jelaskan tutorialnya bagaimana caranya membuat surat tersebut dan langsung jadi saat itu juga.

Oke langsung saja simak dibawah ini tutorialnya:


Tutorial Membuat NIB dan IUMK online

Agar mudah dipahami akan saya jelaskan tahap demi tahapnya dengan lengkap supaya jelas.


Update: Untuk cara membuat NIB di oss versi 1.2 terbaru bisa cek DISINI


1. Registrasi akun

Pertama silahkan anda buka laman resmi Online Single Submission (OSS) dan login menggunakan akun anda. Jika anda belum mempunyai akun oss, silahkan anda daftar dulu untuk membuat akun di laman tersebut.

Untuk cara daftarnya, anda kunjungi https://oss.go.id. lalu isi data diri anda dengan benar.


Form pendaftaran UMKM online



Setelah anda mengisi data diri anda, masukan kode captcha lalu pilih tombol "DAFTAR". Setelah itu, anda akan dikirimi email verivikasi untuk aktivasi akun anda, silahkan cari di kontak masuk email yang anda daftarkan tersebut. Jika di kontak masuk tidak ada, cari juga di folder spam.


aktivasi email pendaftaran UMKM online


Setelah anda temukan email tersebut silahkan pilih tombol "aktivasi". Kemudian tunggu beberapa detik karena OSS akan mengirimkan email kedua. Email kedua ini berisikan nama dan password anda untuk dapat login kedalam laman OSS.


Password login OSS


Setelah anda menemukan email kedua tersebut, silahkan catat atau copy passwordnya dan gunakan untuk masuk ke akun oss anda.


2. Membuat surat NIB dan IUMK

Setelah anda masuk ke laman oss dengan password tersebut, anda akan berada dihalaman beranda OSS seperti gambar dibawah ini:


Dashboard utama

Untuk membuat permohonan pembuatan surat NIB dan IUMK, silahkan anda pilih tombol "permohonan" yang ada dibagian atas navigasi situs tersebut, kemudian pilih "perseorangan - perizinan usaha - Nomor Induk Berusaha (NIB)"

Setelah itu akan ada notifikasi seperti gambar dibawah ini, pilih saja "DI SINI"

Pendaftaran NIB


Kemudian, anda akan disuruh mengisi data tentang anda dan perusahaan anda. Namun Jika usaha anda masuk dalam kategori mikro atau usaha yang penghasilannya masih kecil, silahkan pilih tombol yang keluar dari notifikasi informasi seperti gambar dibawah ini:


data usaha perseorangan


Lalu anda akan dialihkan ke halaman pengisian data. Ada beberapa data yang harus anda isi diantaranya:

- Data profil

- Data usaha

- Tambahan data

- Komitmen Prasarana Usaha

- Draft NIB dan Izin Usaha

Isilah semua data tersebut sesuai dengan data diri anda dan data usaha anda dengan benar. Setelah anda mengisi semua formulir tersebut, maka surat NIB dan IUMK anda sudah jadi dan selesai.

Anda bisa unduh langsung file NIB dan IUMK dalam format PDF kemudian print out sebagai bukti legalitas usaha anda. Dengan begitu NIB dan IUMK anda sudah ada ditangan anda.


3. Contoh hasil NIB dan IUMK

Dibawah ini adalah contoh hasil NIB (Nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) yang sudah jadi:


contoh hasil NIB
contoh hasil NIB


contoh hasil IUMK
contoh hasil IUMK


Untuk cara daftar Banpres BPUMnya ada disini: https://www.rajaonline.my.id/2021/05/pendaftaran-online-bpum-kuartal2.html


Akhir kata

Ok itulah sekiranya "Tutorial Membuat NIB dan IUMK online langsung jadi" dari saya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..


Belum ada Komentar untuk "Tutorial Membuat NIB dan IUMK online langsung jadi sebagai pengganti SKU"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel