-->

4 Tips ampuh agar tidak kena penipuan online dan pencurian data 2021

4 Tips ampuh agar tidak kena penipuan online dan pencurian data 2021

Disaat seperti sekarang, yaitu masa-masa pandemi, segalanya sudah berubah menjadi serba online. Mulai dari melamar pekerjaan, daftar sekolah, sampai mengisi formulir bantuan pemerintah juga sudah serba online.

Mungkin bagi yang sudah biasa dengan dunia internet hal itu tidak akan jadi masalah. Namun bagi yang belum terbiasa, tentu ini cukup mengkhawatirkan. Karena selalu ada saja oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini untuk mendapatkan keuntungan baik itu dengan tindak penipuan hingga tindakan pencurian data.

Namun kita semua mau tidak mau harus siap dengan kondisi seperti ini. Oleh karena itu, kali ini saya akan berikan beberapa tips agar anda bisa terhindar dari segala bentuk penipuan online dan pencurian data yang bisa merugikan anda.

Ok langsung saja saya uraikan tipsnya dibawah ini:


Tips agar tidak kena penipuan online dan pencurian data

Ada banyak informasi atau banyak ragam hal lainnya di dunia online yang tentunya untuk mendapatkan informasi tersebut kita diharuskan masuk dengan link yang sudah disediakan. Agar anda tidak terkena penipuan online atau hacker seperti pencurian data, simak tipsnya dibawah ini:


1. Periksa legalitas website yang dituju

Langkah pertama dan yang paling penting yaitu periksa dulu legalitas atau kejelasan dari website yang hendak anda dituju.

Website yang bertujuan hanya untuk menipu atau tindakan tidak baik lainnya pasti tidak akan berani memperlihatkan data diri si pemilik website atau situs tersebut. Mereka tidak akan mau menunjukan data diri dan kontak mereka karena memang niatnya udah ga bener.

Jadi silahkan anda periksa dulu situsnya apakah situs tersebut jelas kepemilikannya atau tidak jelas sama sekali.

Untuk memeriksa kejelasan sebuah situs, anda bisa mengeceknya di bagian halaman "About" atau "Profil Penulis". Untuk melihat halaman About tersebut, biasanya ada dibagian paling atas atau dibagian paling bawah situs.

Jika terdapat halaman tersebut dan jelas data dirinya, bisa disimpulkan situs tersebut aman. Karena jika terjadi sesuatu, kita akan gampang menghubungi pemilik situs tersebut. Namun sebaliknya, jika tidak ada atau halaman tersebut disembunyikan, anda wajib hati-hati karena situs tersebut tidak jelas siapa pemilik dan penanggung jawabnya.

Untuk contoh. Saya menyimpan halaman About situs ini dibagian paling bawah situs ini, silahkan anda lihat:

halaman-about-situs

Bisa dilihat dari gambar diatas bahwa saya menyimpan jelas halaman about saya bahkan saya pampangkan link situs akun media sosial saya dengan tujuan jika terjadi apa-apa saya akan mudah dihubungi.

Jika situs yang penipuan tidak akan berani menampilkan halaman about, kontak dan link media sosial mereka.

Isi dari halaman about sendiri seperti ini:

Penipuan-online

Jika anda tidak menemukan legalitas dari situs tersebut, lebih baik pindah ke situs lain atau lebih berhati hati saja.


2. Teliti dalam mengisi formulir

Untuk hal mengisi formulir online seperti mendaftar bantuan Pemerintah, daftar sekolah hingga pengajuan lainnya secara online, ada hal penting yang harus diperhatikan agar anda tidak jadi korban penipuan online dan pencurian data.

Hal yang harus diperhatikan ialah:

- Jangan mau mengisi Nomor ATM

- Jangan mau mengisi nama cabang tempat anda membuat rekening bank

- Jangan mau bila disuruh memasukan kata sandi

Ketiga hal itu yang paling penting dalam hal pengisian formulir online. Jika ada yang meminta salah satu dari ketiga poin diatas, lebih baik anda lebih berhati-hati bahkan saya sangat menyarankan anda untuk hindari saja.


3. Hindari Chat Pribadi

Bila ada segala bentuk tawaran dalam segi online kemudian untuk melanjutkan transaksi mereka meminta chat pribadi baik itu lewat whatsapp atau telpon. Anda sangat wajib berhati-hati karena biasanya penipu memang seperti itu. Mereka tidak akan berani bertransaksi langsung didepan umum, mereka pasti mengajak chat pribadi atau telpon agar tidak akan ada yang mengingatkan anda bahwa itu penipuan.


4. Jangan mau memberikan uang diawal

Jika ada tawaran jasa atau tawaran kemudahan lainnya yang berbentuk online, kemudian meminta anda untuk memberikan sejumlah uang terlebih dahulu untuk kemudahan transakasi. Maka wajib anda stop dari saat itu juga.

Karena sudah pasti itu adalah penipuan. Adapun jasa atau tawaran online yang sesungguhnya tidak akan meminta uang di awal.

Jadi intinya jangan mau transfer uang diawal transaksi sebelum anda mendapatkan apa yang anda pesan.


Akhir kata

Itulah 4 tips dari saya agar anda aman dari segala bentuk tindak penipuan online dan pencurian data yang memang sedang marak terjadi.

Saran saya, anda tidak perlu takut mengklik link yang beredar di sosial media. Jika anda menerapkan tips saya diatas, anda pasti aman dari kejahatan online.

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "4 Tips ampuh agar tidak kena penipuan online dan pencurian data 2021"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel