-->

Cara Cek Penerima Bansos PPKM Level 4 Khusus Jawa Barat

 


Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah membuat portal Sistem Online Data Penerima Bantuan Sosial (SOLIDARITAS). Laman resmi tersebut, berisikan informasi mengenai siapa saja nama penerima Bansos PPKM Level 4 untuk warga Jawa Barat.

Didalam laman tersebut, anda bisa mendapatkan beragam informasi penting tentang bansos khusus daerah Jawa Barat. Selain itu banyak fitur lainnya seperti diantaranya pencarian penerima bantuan, informasi mengapa data anda tidak lolos, melacak sudah sejauh mana bansos diberikan pada warga Jawa Barat dll.


Cara Cek Penerima Bansos PPKM Level 4 Jawa Barat

Untuk cara cek penerima bantuan ppkm level khusus Provinsi Jawa Barat tersebut, silahkan anda masuk ke laman resminya disini: bansos.pikobar.jabarprov.go.id.

Untuk cara cek penerima bantuan ppkm level khusus Provinsi Jawa Barat tersebut, silahkan anda masuk ke laman resminya disini: bansos.pikobar.jabarprov.go.id.

Setelah anda masuk ke laman tersebut anda akan disuguhkan beberapa fitur, diantaranya:


1. Melihat Daftar Penerima Bantuan

Anda bisa melihat siapa saja nama-nama di Kelurahan/Desa anda yang mendapatkan dana bantuan bansos. Untuk caranya bisa simak dibawah ini:

1. Didalam menu bansos.pikobar.jabarprov.go.id silahkan pilih tombol "Melihat Daftar Penerima Bantuan"

2. Isikan data alamat Kecamatan dan Kelurahan/Desa anda dikolom yang tersedia seperti gambar dibawah ini:

Isikan data alamat Kecamatan dan Kelurahan/Desa anda dikolom yang tersedia seperti gambar dibawah ini:

3. Setelah selesai diisi, pilih tombol "Terapkan" maka hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah ini:

Setelah selesai diisi, pilih tombol "Terapkan" maka hasilnya akan keluar seperti gambar dibawah ini:

4. Ditahap ini, anda tidak hanya bisa sekedar melihat daftar penerima saja, namun anda juga bisa melacak apakah nama tersebut status bantuannya sudah sampai atau masih ditangan pengurus.

Selain itu anda juga bisa mengadukan nama yang tertera sebagai penerima bantuan, misalnya karena orang tersebut sebenarnya adalah orang kaya, atau misalnya orang tersebut sebenarnya tidak cocok kriterianya untuk mendapat bansos dll.

Untuk caranya tinggal klik saja tulisan "pilih" yang ada dibagian kanan daftar penerima lalu pilih menu yang ingin disampaikan seperti gambar dibawah ini:

anda tidak hanya bisa sekedar melihat daftar penerima saja, namun anda juga bisa melacak apakah nama tersebut status bantuannya sudah sampai atau masih ditangan pengurus.  Selain itu anda juga bisa mengadukan nama yang tertera sebagai penerima bantuan, misalnya karena orang tersebut sebenarnya adalah orang kaya, atau misalnya orang tersebut sebenarnya tidak cocok kriterianya untuk mendapat bansos dll.


2. Pencarian Penerima Bantuan

Anda dapat melakukan pencarian penerima bantuan dengan cara memasukan nomor induk kependudukan (NIK). Caranya hampir sama seperti langkah pertama


3. Informasi Penolakan

Anda bisa mengetahui kenapa data anda tidak lolos sebagai calon penerima bantuan dengan memasukan nomor NIK di menu informasi penolakan ini


4. Lacak Penyaluran

Untuk melakukan pelacakan penyaluran bansos, anda bisa masukkan nomor NIK di menu lacak penyaluran


5. Melihat Perkembangan Statistik Bansos per Daerah

Anda juga bisa melihat informasi realisasi bansos beserta jenis dan status alokasi bansos yang dilengkapi dengan jumlah total penerima manfaat pada masing-masing wilayah, mulai dari per Kabupaten/Kota hingga per Kelurahan/Desa


Laman resmi bansos.pikobar.jabarprov.go.id bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 JABAR, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat dan Pusat Informasi & Koordinasi Provinsi Jawa Barat sehingga data dan informasi yang diberikan disana sudah pasti valid dan bisa dipercaya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek Penerima Bansos PPKM Level 4 Khusus Jawa Barat"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel