-->

3 Kuota Tambahan Bansos Saat PPKM Darurat Akan Segera Dibuka!..

 

Siap-Siap Daftar.. Kuota Tambahan Bansos Saat PPKM Darurat Akan Segera Dibuka!..


Menteri Keuangan Sri Mulyani, menyatakan bahwa Pemerintah akan segera menambah kuota Bantuan Sosial (Bansos) dalam situasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Kabar tersebut dinyatakan Sri Mulyani saat konferensi pers Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat secara virtual di Jakarta 2 Juli 2021.

Menkeu Sri Mulyani menambahkan bahwa saat ini ada 3 program bantuan yang akan ditambah kuotanya. Untuk detail penjelasannya dibawah ini:


1. Program Kartu Prakerja

Yang pertama adalah akan adanya penambahan kuota dari program Kartu Prakerja sebanyak 2,8 juta calon peserta baru. Pemerintah akan segera membuka kembali pendaftaran program Kartu Prakerja pada semester 2 2021. Tambahan anggaran sebesar Rp. 10 triliun sudah disiapkan untuk program tersebut.

Sebelumnya, Prakerja ini sudah mencapai gelombang 17 dan tak lama lagi akan dibuka gelombang 18.  Dibukanya pendaftaran calon penerima baru ini diupayakan untuk meringankan beban masyarakat dari tekanan ekonomi akibat dampak dari PPKM darurat.

Manfaat dari Prakerja ini, pendaftar yang lolos, berhak mendapatkan insentif uang tunai sebesar Rp 3.55 juta dari program Kartu Prakerja. Yang mana dibagi menjadi beberapa proses pencairan yaitu Rp. 1 juta untuk biaya membeli pelatihan, Rp. 600.000 yang akan dibagikan setiap bulan sebanyak 4 kali dan biaya survei yang akan dibagikan sebesar Rp. 50.000 yang akan dibagikan setiap bulan sebanyak 3 kali.

Menurut manajemen Pelaksana (PMO) Program bantuan Prakerja yaitu sebagai Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, menyatakan bahwa pembukaan gelombang 18 tinggal menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

Namun anda sudah bisa mendaftarkan nama anda dari sekarang, agar nanti saat gelombang 18 resmi dibuka, anda hanya tinggal klik gabung saja untuk masuk seleksi calon peserta Kartu prakerja gelombang 18.

Untuk cara mendaftarkan diri anda bisa simak caranya dibawah ini:

1. Masuk ke laman resmi prakerja.go.id 

2. Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi anda

3. Silahkan cek email kotak masuk dari Kartu Prakerja untuk melakukan proses aktivasi. Setelah itu, kembali lagi ke laman resmi prakerja.go.id 

4. Silahkan masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat tadi

5. Masukkan nomor NIK e-KTP anda dan tanggal lahir anda

6. Selanjutnya, pilih tombol "berikutnya"

7. Isikan data diri anda di kolom form pengisian lalu pilih tombol "berikutnya"

8. Masukkan nomor hp anda dan periksa kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dari pihak Prakerja 

9. Setelah itu anda akan mengisi tes motivasi. Isilah dengan santai.

10. Terakhir, tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan.

11. Selesai, Akun Prakerja anda sudah terdaftarkan. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu pembukaan gelombang 18 resmi dibuka dan pilih gabung untuk masuk seleksi tim Prakerja.


2. Program Dana Bantuan Desa (BLT)

Yang kedua adalah penambahan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Pemerintah akan memperluas kriteria calon penerima BLT Desa agar saat PPKM darurat ini lebih banyak warga kurang mampu yang menerima bantuan BLT.

Hingga saat ini, anggaran dana BLT Desa telah dialokasikan sebesar Rp. 28 Triliun kepada 5,02 juta Keluarga KPM dengan besaran Rp. 300.000 perbulan. Dengan adanya PPKM darurat ini, dana bantuan tersebut akan dirapel atau didouble menjadi triwulanan untuk desa yang sedang mengalami kesulitan Geografis.


3. Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM)

Terakhir adalah program bantuan BPUM. Akan ada penambahan sebesar 3 juta calon penerima baru mulai dari Bulan Juli hingga September 2021 yang sebelumnya sebanyak 9,8 juta penerima.

Bantuan dana sebesar Rp. 1,2 juta ini menambah anggaran sebesar Rp. 3,6 triliun untuk penerima baru. Namun penambahan kuota ini tidak diikuti dengan dibukanya pendaftaran baru, melainkan diambil dari para pelaku UMKM yang sudah mendaftar sebelumnya tapi belum mendapatkan bantuan tersebut.

Jadi bagi anda yang sudah mendaftarkan data anda di program bantuan BPUM tahap sebelumnya namun belum pernah terdaftar, silahkan cek ulang data anda secara berkala. untuk cara mengeceknya dibawah ini:

1. Kunjungi laman resmi eform BRI disini: https://eform.bri.co.id/bansos/penerima_bpum

2. Masukan NIK e-KTP anda dikolom yang tersedia

3. Masukan kode yang tersedia

4. Klik pilihan "proses inquiry".

5. Jika tertera data anda terdaftar, maka anda berhak untuk mendapatkan bantuan dana BPUM sebesar Rp. 1,2 juta.


Tunjukan Komentar
Tutup Komentar

2 Komentar untuk "3 Kuota Tambahan Bansos Saat PPKM Darurat Akan Segera Dibuka!.."

  1. Untuk yang PRAKERJA sebenarnya melenceng dari tujuan awal hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena proses pendaftarannya yg terlalu mudah sehingga banyak orang yg memanfaatkannya kak..

      Tapi terlepas dari itu,tujuan diadakannya Prakerja itu sangat bagus..bisa membuat orang lain mengembangkan bakatnya,jadi ga harus kerja ke perusahaan orang lain.

      Hapus
Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel