-->

Cara Upload KTP Melalui Galeri di Prakerja

 

Program bantuan prakerja gelombang 18 tak lama lagi akan segera dibuka, hal ini sudah terlihat dari diperbaruinya sistem login dari laman resmi prakerja.go.id.

Program bantuan prakerja tak lama lagi akan segera dibuka, hal ini sudah terlihat dari diperbaruinya sistem login dari laman resmi prakerja.go.id.

Pemerintah akan segera membuka kembali pendaftaran program Kartu Prakerja pada semester 2 2021, dengan tambahan anggaran sebesar Rp. 10 triliun sudah disiapkan untuk program tersebut yang akan diberikan kepada 2,8 juta calon peserta baru.

Menurut manajemen Pelaksana (PMO) Program bantuan Prakerja yaitu sebagai Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, menyatakan bahwa pembukaan gelombang 18 tinggal menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja (KCK).

Saat ini, untuk memastikan bahwa dana bantuan program prakerja benar-benar tersalur kepada yang membutuhkan dan tidak disalahgunakan, Pemerintah memperbarui sistem dari laman resmi prakerja.go.id. Salah satunya, baik itu calon peserta yang baru mendaftarkan dirinya maupun peserta yang sudah daftar namun belum lolos gelombang sebelumnya, diwajibkan memasukan verivikasi ktp dengan cara manual atau langsung dari kamera hp.

Namun bagi sebagian orang, mungkin ini bisa jadi salah satu kendala karena beberapa alasan misalnya bagi yang kameranya buram, e-ktp terbarunya sudah lecet jadi yang ada hanya di foto lama, os android yang menyulitkan untuk upload ktp secara langsung dll.

Jadi kali ini saya akan bagikan bagaimana caranya agar dapat verivikasi ktp di prakerja gelombang 18 tanpa harus melalui kamera secara langsung alias bisa upload dari galeri. Langsung saja simak dibawah ini caranya..


Cara Upload KTP Melalui Galeri di Prakerja

Untuk caranya, kali ini anda harus menginstall apk bantuan terlebih dahulu. Nama apknya adalah Gallerycam. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat membuat anda mengupload semua foto/gambar langsung dari galeri hp anda meskipun dari penyedia situs/aplikasi tidak meyediakan fitur ambil dari galeri.

Untuk langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Silahkan anda unduh dan install terlebih dahulu file apk gallerycamnya dibawah ini:

Gallerycam (1,3 mb): Unduh Disini

1. Silahkan anda unduh dan install terlebih dahulu file apk gallerycamnya dibawah ini:  Gallerycam (1,3 mb): https://sfile.mobi/8iCGKUYA48H

2. Setelah apk diatas terinstal, biarkan saja karena apk gallerycam tidak akan nampak bentuk apknya dimenu android anda, tapi sudah aktif di hp anda. Langsung saja anda buka laman resmi prakerja.go.id dan lakukan proses login seperti biasa.

Setelah anda login ke situs prakerja, anda akan disuruh melengkapi data baru dengan memverivikasi ktp seperti gambar dibawah ini:

2. Setelah apk diatas terinstal, biarkan saja karena apk gallerycam tidak akan nampak bentuk apknya dimenu android anda, tapi sudah aktif di hp anda. Langsung saja anda buka laman resmi prakerja.go.id dan lakukan proses login seperti biasa.  Setelah anda login ke situs prakerja, anda akan disuruh melengkapi data baru dengan memverivikasi ktp seperti gambar dibawah ini:

3. Pada bagian ini, anda harus memasukan foto ktp secara manual langsung dari kamera hp anda. Namun jika anda sudah menginstall apk gallerycam diatas, akan ada pilihan terlebih dahulu apakah mau nagmbil langsung dari kamera hp atau mau ngambil dari galeri, silahkan anda pilih dari galeri.

3. Pada bagian ini, anda harus memasukan foto ktp secara manual langsung dari kamera hp anda. Namun jika anda sudah menginstall apk gallerycam diatas, akan ada pilihan terlebih dahulu apakah mau nagmbil langsung dari kamera hp atau mau ngambil dari galeri, silahkan anda pilih dari galeri.

4. Setelah anda pilih ambil dari galeri, silahkan anda pilih foto ktp mana yang mau dimasukan. maka foto akan berhasil di upload dari galeri.

Jika setelah anda memilih foto, ada notif "silahkan ambil foto langsung dari kamera", caranya anda pindahkan dulu foto ktp yang akan dipilih ke folder kamera anda di file manager, udah itu ulangi cara diatas, dijamin berhasil karena saya sudah mencobanya.


Setelah berhasil memasukan foto, anda akan masuk ke halaman ocr scan. Silahkan atur posisi foto agar sesuai dengan bingkai dan pilih tombol "lanjut".

pastikan foto tidak buram, tidak terpental cahaya blitz kamera. tidak ada bayangan, dan tidak tertutupi tangan agar proses verivikasi berjalan lancar.

5. Setelah sesuai, pilih tombol "submit foto ktp" seperti gambar dibawah ini:

Setelah sesuai, pilih tombol "submit ktp" seperti gambar dibawah ini:

6. Selesai.. Kini anda hanya tinggal menunggu proses verivikasi ktp selesai.

Selesai.. Kini anda hanya tinggal menunggu proses verivikasi ktp selesai.

Dan hanya menunggu satu jam saja, proses verivikasi sudah berhasil dan bisa masuk kembali ke dashboard untuk menunggu seleksi prakerja gelombang 18 dibuka.

Berhasil verivikasi ktp prakerja

Saran tambahan

Saran tambahan dari saya, usahakan untuk menghindari jasa bantuan dari pihak ketiga dalam proses pendaftaran program kartu prakerja. Misalnya memakai jasa joki prakerja agar dapat diterima sebagai peserta prakerja gelombang 18.

Lakukanlah sendiri proses pendaftaran anda karena daftar prakerja itu sangat mudah dan menurut saya pendaftaran prakerja ini yang paling mudah dibandingkan pendaftaran bantuan sosial lainnya.

Karena sebenarnya, cara yang dipakai joki prakerja itu sama saja dengan cara yang anda lakukan sendiri, tidak ada trik khusus/rahasia agar diterima digelombang selanjutnya. Kecuali jika pak Louisa Tuhatu yang buka jasa joki prakerja, silahkan saja anda pakai jasanya, hehe canda pa 🙏🙏

Sayangilah data anda, jangan berikan data anda ke sembarang orang tak dikenal, karena suatu saat, data anda bisa disalahgunakan. Teman dan pacar aja bisa berkhianat apalagi orang ga dikenal.

Berikut dibawah ini beberapa resiko yang bisa terjadi jika anda memberikan data anda kepada orang lain:


1. Data anda bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

Saat ini, banyak aplikasi pinjol yang bisa di acc meskipun data pengajuan dan data rekening berbeda nama.

Jadi data pengajuannya pake foto ktp anda tapi proses pencairannya pake data rekening orang lain. Nantinya, orang lain tang dapat uang, tapi anda yang dikejar-kejar tagihan atau tanpa anda sadari nantinya tiba-tiba data anda sudah jelek di SLIK OJK dan tidak dapat mengajukan pinjaman bank karena sudah ada riwayat tunggakan yang jelek.


2. Dibuatkan akun e-commerce

Data anda juga bisa dibuatkan akun shopee, akulaku, Julo, Kredivo, JDID dll. Setelah itu dipakai berjualan dan menipu sehingga nantinya data anda yang akan tercoreng.


3. Dijadikan akun bodong

Data anda bisa dijadikan sebagai penjamin transaksi jual beli di medsos. Biasanya saat transaksi jual beli, akan diminta data ktp agar pembeli bisa percaya. Ketika ktp anda yang dijaminkan dan terjadilah penipuan, maka nama anda juga yang akan tercoreng dan data anda bisa disebarluaskan di berbagai group/forum medsos oleh si korban tersebut.


Pada intinya sayangilah data anda. Memang tidak semua joki seperti itu, namun kebanyakan memang seperti itu. KEJAHATAN BISA TERJADI KARENA ADA KESEMPATAN. Dalam keadaan butuh, joki yang jujur sekalipun bisa berubah sewaktu-waktu jika melihat ada peluang/kesempatan.

Baca juga: 

Cara Skip/Mempercepat Video Pelatihan Prakerja 100% Work

2 Cara Ampuh Upgrade Premium e-Wallet Tanpa e-KTP. Dana, OVO, Linkaja, Gopay

2 Penyebab Akun e-Wallet Kembali Ke Basic Setelah Berhasil Premium

Cara Dapat Uang eWallet + Pulsa Sekaligus Saat Membeli Pelatihan Prakerja

Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..

2 Komentar untuk "Cara Upload KTP Melalui Galeri di Prakerja"

  1. Saya sudah download aplikasi gallerycam nya...
    Tapi saat upload foto KTP, kok masih tidak ada pilihan mau ambil langsung atau mau ambil dari galeri ya.??? 🤔🤔😟

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin hp kakaknya ga support gallerycam..

      Pake alternatif lainnya aja kak yang sama ampuh juga sudah saya test..

      Jadi pake 2 hp.. Hp yang satu buat buka foto yang di galeri, trus hp yang satunya lagi pakai buat mengambil gambar dari foto yang dibuka digaleri tersebut.

      cara ini juga work saya coba..dan berhasil di verivikasi

      Hapus
Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel