-->

Solusi Kendala Bantuan BPUM Yang Kerap Terjadi

 Program Bantuan Presiden (Banpres) untuk para pelaku UMKM yang bernama Bantuan Presiden produktif Usaha Mikro kecil (BPUM) jalur BRI sudah memasuki tahap 3. Ada banyak kendala yang kerap terjadi dalam pencairan BPUM ini, mulai dari beda nama di eform BRI saat di cek, hingga status terdaftar yang berubah-ubah. Itu sebabnya kali ini saya ingin berbagi tentang solusi dari setiap permasalahan tersebut.

Sebelumnya saya informasikan update kabar terbaru tentang program bantuan BPUM ini bahwa terakhir pendaftaran BPUM BRI ini dibuka pada bulan Juni 2021 kemarin, sekarang pendaftaran sudah ditutup dan belum ada info terbaru kapan pendaftaran baru akan dibuka kembali.

Sementara untuk proses pencairan saat ini yang sedang berlangsung adalah data mereka yang terdaftar di Bulan April-Mei sebelumnya. Jadi bagi anda yang merasa sudah mendaftar program bantuan BPUM BRI pada bulan April-Mei kemarin dan saat di cek di e-form BRI data anda terdaftar, segeralah cairkan dana bantuan tersebut. Batas waktu mencairkan dananya adalah 3 bulan sejak data anda terdaftar. Jika tidak dicairkan dalam 3 bulan maka dana akan dikembalikan ke Pemerintah alias hangus.

Untuk anda yang baru mendaftar di Bulan Juni kemarin, baru akan bisa melihat hasilnya apakah terdaftar atau tidak itu nanti satu bulan setelah data anda diberikan ke dinas UKM masing masing daerah. Dan pihak Kantor Desa/Kelurahan baru memberikan data BPUM ke dinas UKM itu pada saat semua pendaftaran online resmi ditutup atau pada akhir Juni, berarti anda baru bisa melihat hasilnya nanti di akhir Bulan Juli atau awal Bulan Agustus mendatang.

Sementara untuk kabar yang beredar baru-baru ini bahwa yang sebelumnya sudah mendapat bantuan Rp 1,2 juta bakal dapat lagi di bulan Juli-Agustus belum bisa dipastikan kebenarannya karena saat saya tanyakan ke pihak bank BRIpun mereka belum bisa memastikan dan belum mendapatkan info resmi dari Pemerintah.

Ok langsung saja dibawah ini adalah penjelasan mengenai solusi dari setiap permasalahan BPUM BRI yang kerap terjadi.


Solusi Kendala Bantuan BPUM BRI


1. Data terdaftar tapi namanya tidak tercantum

Itu artinya anda sudah berhak mendapatkan dana bantuan tahap 3 namun masih sedang diproses datanya. Silahkan langsung saja bawa e-KTP ke kantor cabang BRI terdekat untuk mendapatkan tanggal pencairan dana tahap 3 tersebut.

Jangan khawatir jika data anda sudah terdaftar tapi nama anda belum tercantum alias masih tanda strip ( - ) seperti gambar diatas.

Itu artinya anda sudah berhak mendapatkan dana bantuan tahap 3 namun masih sedang diproses datanya. Silahkan langsung saja bawa e-KTP ke kantor cabang BRI terdekat untuk mendapatkan tanggal pencairan dana tahap 3 tersebut.

Anda bisa cek disini cara mencairkannya: 4 Langkah mudah mencairkan tahap 3 BPUM BRI


2. Beda nama saat dicek di e-form BRI

Jika saat anda cek di e-form BRI hasilnya terdaftar namun nama yang keluar bukan nama anda tapi nama orang lain atau nama keluarga anda lainnya, ada dua cara yang bisa dilakukan:

- Cara yang pertama, pastikan anda tidak salah dalam memasukan nomor nik e-KTP saat pengecekan.

- Yang kedua, jika anda sudah pasti memasukan nomor e-KTP dengan benar namun nama tetap beda, maka anda harus memakai surat keterangan tambahan agar dana bantuan BPUM bisa dicairkan dengan lancar. Caranya silahkan anda datang ke kantor Desa/Kelurahan setempat lalu minta kepada pengurus disana untuk dibuatkan surat keterangan terkait nama yang beda itu. Setelah surat tersebut dibuatkan, anda sudah dapat mencairkan dana bantuannya tanpa kendala lagi.


3. Beda rekening saat dicek

Jika anda sebelumnya sudah mempunyai rekening BRI, kemudian saat anda cek di e-form BRI hasilnya terdaftar namun nomor rekeningnya beda dengan nomor rekening anda itu wajar saja. Karena memang pencairan dana BPUM ini akan menggunakan rekening baru khusus BPUM dan bukan menggunakan rekening BRI yang sudah anda miliki sebelumnya.

Jadi nantinya anda akan dibuatkan rekening BRI yang baru khusus untuk pencairan BPUM.


4. Hasil pengecekan berubah-ubah

Misalnya hari ini anda cek hasilnya terdaftar lalu besoknya pas dicek jadi tidak terdaftar, jangan panik, teman sayapun pernah mengalami hal serupa. Jika data anda sudah terdaftar lalu besoknya berubah lagi jadi tidak terdaftar, itu tandanya sebenarnya data anda sudah pasti akan terdaftar, Hanya saja dari e-form BRI nya sedang dalam pembaruan data. Anda tinggal tunggu saja beberapa waktu kedepan nanti juga data anda akan berstatus terdaftar lagi. 

Lebih baik lagi saat anda cek status anda terdaftar, segera screenshot bukti terdaftarnya itu sebagai bukti lalu cobalah untuk mengecek data anda langsung dari bank. Caranya seperti dibawah ini:

Pertama anda datang langsung ke kantor BRI terdekat di daerah anda masing-masing. Jangan lupa bawa e-KTP.

Kemudian hampiri security bank BRI nya lalu minta tolong ke securitynya untuk di cek KTP anda apakah sudah ada saldonya atau belum.

Nanti setelah dicek, jika data anda sudah ada saldonya, maka pihak bank akan menuliskan no rekening anda seperti gambar dibawah ini:

ktp-terdaftar
Contoh ada saldonya


Contoh-tidak-ada-saldonya
contoh tidak ada saldonya

Jika tertera data anda sudah ada saldonya, maka anda sudah bisa mencairkan dana bantuan BPUMnya. Untuk proses mencairkannya sama seperti cara pertama diatas.


Itulah beberapa solusi dari kendala bantuan BPUM yang kerap terjadi. Jika masih ada yang kurang jelas mengenai beberapa hal tentang BPUM BRI bisa simak artikel saya sebelumnya: Tanya jawab lengkap BPUM BRI tahap 3 atau bisa ajukan langsung pertanyaannya dikolom komentar postingan ini.

Disaat situasi pandemi covid-19 yang penularannya sedang cepat dan massive di Indonesia ini, Semoga anda selalu diberikan kesehatan, dimudahkan rizkinya dan djauhkan dari segala hal-hal yang tidak diinginkan.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^

Belum ada Komentar untuk "Solusi Kendala Bantuan BPUM Yang Kerap Terjadi"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel