-->

5 Cara menghindari pencurian data di smartphone

pencurian-data-hp

 

Kini smartphone sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari seseorang, seperti pakaian yang selalu kita pakai, masyarakat tidak akan meninggalkan rumahnya tanpa membawa dan memakainya.

Mulai dari yang muda sampai tua, pria dan wanita, dari yang berkehidupan sederhana hingga yang kaya raya, semuanya pasti sudah memiliki smartphone. Bahkan banyak juga orang yang memiliki lebih dari satu smartphone yang digunakannya.

Tidak sedikit pula dari mereka para pengguna smartphone yang hanya mengetahui cara memainkan dan mengoperasikannya saja, namun belum mengetahui benar bagaimana cara pemakaian dan pengoperasiannya agar terhirdar dari pencurian data atau identitas pribadi.

Sebab itulah, diperlukan kehati-hatian agar pengguna smartphone selalu waspada dan menghindari berbagai aktivitas yang bisa mengakibatkannya pencurian data atau kerusakan pada smartphone tersebut.

Dan kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara menghindari pencurian data di smartphone yang saya rangkum dari berbagai sumber informasi, Berikut diantaranya:


5 Cara menghindari pencurian data di smartphone

1. Jangan asal install aplikasi

Pasanglah aplikasi yang hanya jelas sumbernya dan terpercaya seperti dari App Store dan Google Play Store.

Banyak pelaku dari para hacker yang menggunakan aplikasi untuk menyerang smartphone, mereka menawarkan berbagai macam aplikasi gratis dengan daya tarik agar pengguna smartphone mau memasang aplikasi tersebut.

Setelah aplikasi tersebut terpasang di smartphhone kita, mereka bisa mencuri data-data pribadi uang bersumber dari memori ponsel. Bahkan informasi pribadi kitapun bisa mereka manfaatkan untuk disalahgunakan. Aplikasi yang tidak jelas tersebut tentu tidak bisa dipertanggungjawabkan dari segi kualitas dan keamanannnya.

Oleh karena itu, setiap anda hendak memasang suatu aplikasi, pasti kita akan dimintai permission atau ijin tentang apa saja yang boleh diakses, permission inilah yang wajib kita perhatikan juga, jangan asal amin izinkan. 

Kita harus paham dan pastikan bahwa apa yang akan diakses oleh aplikasi tersebut memanglah relevan. Bila aplikasi biasa-biasa tapi mempunyai permintaan akses yang banyak, maka anda perlu hati-hati.


2. Gunakan dan update antivirus

Jangan lupa agar selalu update antivirus secara berkala. Update antivirus ini sangat penting dilakukan karena malware pencuri data juga akan selalu update.

Dengan antivirus ini, smartphone anda akan lebih aman dari serangan malware yang mencoba masuk ke sistem smartphone anda tanpa anda ketahui. Antivirus ini akan menjegal segala aktivitas mencurigakan dan dianggap berbahaya yang berjalan dilatar belakang sistem operasi smartphone anda.


3. Jangan asal klik link ga jelas

Jangan klik link sembarangan yang sekiranya mencurigakan. Karena bisa jadi itu adalah Jebakan Klik atau sering disebut Click Bait dengan modus pelaku untuk menarik si pembaca agar mau mengklik  tautan yang memiliki judul yang sangat menggoda atau menggiurkan. Padahal tautan tersebut bisa saja berisikan malware yang akan terinstall secara otomatis di perangkat smartphone saat anda mengkliknya.

Link malware tersebut juga sering muncul dalam bentuk pop up disaat anda membuka browsing internet..


4. Hindari menyimpan data penting di HP

Sebaiknya anda tidak menyimpan data-data penting dan bersifat pribadi seperti nomor kartu kredit, PIN kartu ATM dan kumpulan gambar hot di smartphone. Karena hal tersebut hanya akan menambah masalah ketika suatu saat smartphone tersebut dicuri atau hilang, data-data tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab yang sewaktu-waktu dapat melakukan aksi ilegal atas nama pengguna tersebut.

Data seperti tentang keuangan, sudah pasti, bisa digunakan untuk menggasak semua saldo tabungan dan limit kredit anda. Sementara media berkonten hot bisa mereka eksploitasi untuk bisnis pornografi atau prositusi online.


5. Batasi penggunaan Wifi umum

Jangan menggunakan wifi umum untuk keperluan transaksi, karena biasanya wifi umum tidak memiliki tingkat keamanan sebaik wifi pribadi.

Jangan lupa untuk selalu gunakan mode keamanan tambahan dijaringan wifi anda, agar setiap notifikasi yang memerlukan autentifikasi dari smartphone anda akan masuk dan mudah terdeteksi.


Akhir kata

Sebenarnya berbagai modus pencurian data akan mudah untuk dihindari asalkan pengguna tidak menggunakan smartphone'nya secara sembarangan.

Mungkin itulah sharing saya kali ini tentang Cara amankan smartphone dari pencurian data. Semoga bisa bermanfaat untuk anda. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan ajukan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung..

Belum ada Komentar untuk "5 Cara menghindari pencurian data di smartphone"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel