-->

Kapan Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Penjelasannya

 Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, telah menyampaikan bahwa program bantuan Kartu Prakerja Gelombang 21 merupakan gelombang yang terakhir di Semester 2 Tahun 2021 ini.

Namun, sama seperti Semester sebelumnya, Akan ada gelombang tambahan yaitu gelombang 22 yang mana jumlah kuotanya diambil dari total jumlah kuota gelombang 17-21 yang dicabut kepesertaannya karena tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari sejak akunnya resmi lolos sebagai penerima kartu prakerja.

"Nantinya, jumlah akun prakerja yang dicabut tersebut, akan dipulihkan untuk pembukaan gelombang berikutnya" Ungkap Louisa Tuhatu.

Lalu kapan gelombang 22 tersebut dibuka? Ini penjelasannya..

Akan ada gelombang tambahan yaitu gelombang 22 yang mana jumlah kuotanya diambil dari total jumlah kuota gelombang 17-21 yang dicabut kepesertaannya karena tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari sejak akunnya resmi lolos sebagai penerima kartu prakerja.

Kapan Kartu Prakerja Gelombang 22 Dibuka?

Sangat besar kemungkinan dibukanya gelombang tambahan ini mengikuti sistem seperti kasus di gelombang 17. Yaitu 14-30 hari setelah adanya keputusan resmi tentang pencabutan kepesertaan di gelombang 12-16.

Pun demikian dengan gelombang 22 ini akan segera dibuka setelah ada hasil resmi berapa total kepesertaan yang dicabut di gelombang 18-21 Nantinya, jumlah kuota yang dicabut tersebut akan digunakan untuk membuka gelombang tambahan di Semester 2 ini, yaitu gelombang 22.

Gelombang terakhir saat ini, yaitu gelombang 21 resmi diumumkan hasil seleksinya pada tanggal 22 September 2021. Berarti, batas akhir pembelian pelatihan pertamanya pada tanggal 22 Oktober 2021. 

Dengan begitu, Kemungkinan besar dibukanya Prakerja gelombang 22 ini adalah di antara pertengahan bulan November 2021.

Namun anda sudah bisa mendaftarkan nama anda dari sekarang, agar nanti saat gelombang 22 resmi dibuka, anda hanya tinggal klik gabung saja untuk masuk seleksi calon peserta Kartu prakerja gelombang 22.

Untuk cara mendaftarkan diri anda bisa simak caranya dibawah ini:


Cara Daftar Program Kartu Prakerja

1. Masuk ke laman resmi prakerja.go.id 

2. Masukkan nama lengkap, alamat e-mail, dan kata sandi anda

3. Silahkan cek email kotak masuk dari Kartu Prakerja untuk melakukan proses aktivasi. Setelah itu, kembali lagi ke laman resmi prakerja.go.id 

4. Silahkan masukkan e-mail dan kata sandi yang baru dibuat tadi

5. Masukkan nomor NIK e-KTP anda dan tanggal lahir anda

6. Selanjutnya, pilih tombol "berikutnya"

7. Isikan data diri anda di kolom form pengisian lalu pilih tombol "berikutnya"

8. Masukkan nomor hp anda dan periksa kode OTP yang dikirimkan melalui SMS dari pihak Prakerja 

9. Setelah itu anda akan mengisi tes motivasi. Isilah dengan santai.

10. Terakhir, tunggu email pemberitahuan setelah tes selesai dikerjakan.

11. Selesai, Akun Prakerja anda sudah terdaftarkan. Setelah itu anda hanya tinggal menunggu pembukaan gelombang 22 resmi dibuka dan pilih "gabung" untuk masuk seleksi tim Prakerja.



Apakah Program Prakerja Semester 2 Ini Adalah Yang Terakhir?

Pada dasarnya, program bantuan Kartu Prakerja ini diadakan untuk membantu Masyarakat yang kehilangan pekerjaan karena dampak dari pandemi covid-19. Jadi, jika tahun depan Indonesia sudah terbebas dari covid-19 (Amiin), maka kemungkinan program kartu prakerja ini juga berakhir.

Pun sebaliknya, jika tahun depan Indonesia masih dalam situasi pandemi covid-19, maka bisa saja program Kartu Prakerja ini akan terus berlanjut.

Namun disisi lain, seiring berjalannya program kartu prakerja selama di tahun 2021 ini, ternyata memberikan dampak yang positif bagi Masyarakat. Karena jadi banyak orang yang mempunyai usaha mandiri hasil dari mengikuti kepesertaan program Kartu Prakerja ini. Tentunya hal ini juga bisa jadi bahan pertimbangan bagi Pemerintah.

Jadi intinya, belum ada kepastian terkait apakah tahun depan Kartu Prakerja ini masih diselenggarakan atau tidaknya. Kita do'akan saja semoga hasil keputusan yang terbaik yang akan dipilih oleh Pemerintah nantinya. Amiin.

Belum ada Komentar untuk "Kapan Prakerja Gelombang 22 Dibuka? Ini Penjelasannya "

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel