-->

Memahami Algoritma Instagram Untuk Sukses Bisnis Online Shop

 Materi mengenai kunci sukses agar bisnis online shop kita baik itu di Instagram atau e-commerce lainnya jadi melejit dan laku keras ini salah satunya adalah dengan memahami algoritma instagram terbaru. Materi ini saya dapatkan ketika saya membeli salah satu pelatihan di Skill Academy by Ruangguru.

Setelah saya simak video pelatihannya, saya jadi tertarik untuk menuliskan point-point pentingnya di blog ini. Ok langsung saja dibawah ini materi kunci sukses bisnis online shop di Instagram dan e-commerce.


Algoritma Instagram

Memahami Algoritma Instagram Untuk Sukses Bisnis Online Shop

Instagram tidak hanya memiliki satu algoritma, melainkan ada berbagai algoritma, proses, dan pengklasifikasi yang memiliki fungsinya masing-masing. Tujuannya tidak lain agar penggunanya mampu mendapatkan pengalaman yang terasa personal saat menggunakan Instagram.

Fitur-fitur Instagram seperti Stories, Explore, Feed, dan Reels memiliki algoritmanya masing-masing yang menyesuaikan dengan pemakaian dari para penggunanya.

Secara umum, Explore digunakan untuk mencari hal-hal baru, Reels dibentuk untuk menghibur. Sementara Stories dan Feed biasa dipakai oleh pengguna untuk melihat konten yang mereka ingin lihat, seperti dari teman terdekat atau keluarga.


Menentukan Peringkat Explore

Explore biasa digunakan untuk mencari hal-hal baru. Berbeda dengan Feed dan Stories yang berisi dari konten yang anda follow, Explore ini berisi rekomendasi foto dan video dari Instagram yang akunnya tidak anda follow. Postingan yang muncul di Explore diprediksi oleh Instagram berdasarkan post yang kamu like, save, dan comment sebelumnya.

Lalu, sinyal yang digunakan untuk Explore adalah: 

  • Informasi mengenai suatu post 
  • Sejarah pengguna berinteraksi dengan pengguna yang memposting 
  • Aktivitas pengguna 
  • Informasi mengenai pengguna yang memposting


Menentukan Peringkat Reels

Reels merupakan salah satu fitur terbaru dari Instagram. Hampir puya kesamaan dengan Explore, anda bisa melihat konten dari akun yang tidak anda follow.

Cara Instagram dalam memprediksinyapun sama dengan Explore saat menampilkan konten Reels. Namun dengan Reels, Instagram bertujuan untuk menampilkan konten yang menghibur pengguna. Mereka melakukan survei kepada orang-orang tentang Reels seperti apa yang lucu atau menghibur bagi mereka dan mengamatinya dari feedback juga.

Instagram membuat prediksi berdasarkan informasi seperti apakah kamu menonton reels sampai selesai, like, dan mengakses audio page. Sinyal yang mereka gunakan untuk Reels adalah;

  • Aktivitas pengguna 
  • Sejarah pengguna berinteraksi dengan pengguna yang memposting 
  • Informasi mengenai reels-nya 
  • Informasi mengenai pengguna yang memposting


Menentukan Peringkat Feed dan Stories

Feed dan Stories adalah fitur yang biasanya digunakan untuk melihat konten dari orang terdekat seperti teman dan keluarga. Bagaimana Instagram memunculkan post dalam Feed dan Stories di akun kamu ditentukan berdasarkan algoritma ranking. 

Instagram mengumpulkan berbagai macam informasi mengenai pengguna yang digunakan sebagai sinyal. Ada berbagai macam sinyal, namun bagian yang terpenting digunakan Instagram diantaranya: 

  • Informasi mengenai post-nya 
  • Informasi mengenai siapa yang memposting 
  • Aktivitas pengguna 
  • Sejarah interaksi pengguna 


Instagram Reels untuk Promosi Online Shop

Fitur Instagram Reels dapat digunakan oleh anda untuk membuat video pendek, lengkap dengan musik pengiring, teks, kumpulan foto maupun berbagai filter lainnya. Durasi video pada Instagram Reels minimal 3 detik dan maksimal 30 detik.

Hal ini tentu saja bisa anda manfaatkan untuk promosi online shop. Promosi dapat dilakukan dengan membuat konten video pendek tentang bisnis atau usaha anda. Ada beberapa alasan kenapa Instagram Reels bisa digunakan untuk promosi online shop, diantaranya;


1. Boost Post Instagram dan Follower

Instagram Reels yang anda buat akan masuk ke halaman Feed dan Explore. Jangan lupa gunakan Hashtag dengan keyword relevan agar postingan anda lebih mudah ditemukan.

Jika konten Instagram Reels yang sudah anda posting disukai oleh audience, maka kemungkinan besar mereka akan berkunjung ke profil Instagram anda untuk melihat konten anda lainnya. Hal ini juga dapat memungkinkan mereka memfollow akun Instagram anda.


2. Meningkatkan Popularitas Bisnis Online Shop Anda

Akan ada banyak user yang bisa dijangkau karena Instagram Reels akan masuk pada menu Explore yang memungkinkan konten yang anda buat dilihat oleh user yang bukan merupakan followers online shop anda.


3. Media Untuk Berkolaborasi Dengan User Lain

Membuat video pendek di Instagram Reels memungkinkan anda sebagai kreator untuk berkolaborasi dengan konten kreator lain maupun audiens. Contohnya seperti membuat video kompilasi video unboxing dari beberapa konsumen.


Lantas bagaimana caranya menggunakan Instagram Reels untuk promosi online shop? Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan diantaranya;

  1. Kenali fitur yang tersedia di Instagram Reels agar anda dapat memanfaatkannya secara maksimal untuk membuat konten.
  2. Kenali target audiens untuk menyesuaikan konten yang dibuat dengan audiens.
  3. Buat konten plan agar konten yang anda buat tidak monoton, seperti menyampaikan pesan-pesan unik, mengikuti trending topik yang sesuai dengan brand anda, Membuat video lugas dan tidak bertele-tele, memberi konten yang mengedukasi audiens, dan memberi highlight pada keunikan dan detail produk.
  4. Fokus pada engagement (interaksi) dengan user yang menjadi konsumen
Semoga bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "Memahami Algoritma Instagram Untuk Sukses Bisnis Online Shop"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel