2 Tips Maksimalkan Foto Produk Untuk Bisnis Online Shop Anda
Memposting foto produk yang baik dalam hal bisnis onlne shop tentu akan membuat daya tarik lebih kepada calon pelanggan, sehingga hal tersebut dapat meningkatkan hasil jualan bisnis online shop yang kita pasarkan baik itu di Instagram atau e-commerce lain.
Ada 2 tips yang bisa dilakukan untuk menghasilkan kualitas foto produk yang baik. Diantaranya dengan:
- Membuat studio mini dirumah
- Ukuran foto ideal untuk memasarkan foto produk
Langsung saja dibawah ini penjelasannya..
1. Membuat Studio Mini Di Rumah
Studio mini merupakan studio foto portable yang sangat mudah untuk disimpan dan dirangkai kembali ketika hendak di gunakan. Studio mini ini sangatlah cocok digunakan untuk pengusaha online shop, agar tampilan foto produk terlihat lebih nyata meskipun hanya dengan menggunakan smartphone saja saat pengambilan foto produknya.
Bahan Yang Disiapkan:
- Kardus atau box yang sudah tidak terpakai
- Karton putih atau hitam
- Lampu kecil untuk pencahayaan nantinya (bagian ini bisa anda abaikan jika sudah memiliki lighting)
Alat:
- Penggaris
- Pulpen
- Gunting atau cutter
- Lem atau double tape
Cara Membuat:
1. Petama, silahkan anda siapkan kardus atau kotak box yang sudah tidak terpakai untuk dibentuk sesuai kebutuhan anda.
2. Kemudian gunakan penggaris untuk mengukur bentuk kotak yang akan dipotong pada tiap sisi kardus.
3. Potonglah tiap sisi kardus yang telah ditandai dengan menggunakan gunting atau cutter sehingga berbentuk rangka seperti gambar dibawah ini:
4. Tempelkan karton putih yang sudah disiapkan pada setiap sisi sisi karton seperti pada gambar dibawah ini:
5. Agar terlihat lebih bervariasi, karton putih tersebut bisa anda ditambahkan karton hitam sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
6. Lalu pasang lampu kecil untuk pencahayaan pada bagian atas studio mini.
7. Anda juga dapat membuat bolongan di atas sisi studio mini untuk memudahkan anda ketika hendak mengambil foto dari sudut atas dan memberikan pencahayaan dari atas studio.
Selesai, kini anda sudah memiliki studio mini dirumah.
2. Ukuran Foto Ideal Untuk Memasarkan Foto Produk
Ketika hendak memposting foto produk, baik itu di Instagram ataupun di e-commerce, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ukuran gambarnya. Hal ini wajib diperhatikan agar foto yang kita upload nantinya tidak terpotong dan pecah.
Dibawah ini sudah dipersiapkan informasi tentang spesifikasi ukuran foto yang ideal untuk diposting di Instagram dan e-commerce.
1. Spesifikasi Ukuran Foto Ideal (Rasio Dan Pixel) untuk Instagram Reels, Feed, dan Story
Ada beberapa fungsi mengenai aspek rasio dan pixel didalam sebuah foto adalah sebagai berikut:
- Ukuran: Mengukur jumlah pixel pada lebar dan tinggi postingan.
- Aspek Rasio: Berfungsi untuk mengukur perbandingan lebar dan tinggi postingan.
A. Instagram Reels
Instagram Reels merupakan video singkat berdurasi 15 detik. Didalam Reels, anda bisa menambahkan musik, efek visual, serta berbagai filter lainnya yang tersedia untuk membuat video anda semakin menarik.
Adapun ukuran yang baik untuk Instagram Reels yaitu sebagai berikut:
B. Feed Instagram
Instagram membuat 3 jenis format rasio foto, yaitu: Square atau persegi, Landscape atau persegi panjang, dan Potrait atau memanjang ke atas.
Adapun ukuran foto Instagram untuk masing-masing format rasio tersebut yaitu sebagai berikut:
C. Instagram Story
Instagram Story adalah fitur yang saat ini banyak dinikmati orang-orang karena dapat digunakan untuk memberikan informasi secara instan untuk diposting di timeline.
Terdapat 2 jenis postingan dalam Instagram Story, yaitu potrait dan landscape
2. Spesifikasi Ukuran Foto terbaik (Rasio dan Pixel) untuk E-commerce
Optimalisasi foto produk merupakan salah satu elemen yang penting dalam postingan di e-commerce. Foto yang kurang tepat bisa memperlambat waktu loading. Akibatnya, anda bisa kehilangan ranking dan pengunjung, bahkan hingga kehilangan transaksi dari calon pelanggan.
Setiap dari masing-masing e-commerce memiliki batasan tersendiri kepada e-seller untuk memposting foto produknya.
Berikut dibawah ini merupakan rangkuman dari beberapa panduan e-commerce dalam postingan produknya..
- Shopee: Rasio 1:1 - Pixel minimal 500 × 500 pixel. Pixel maksimal 2000 × 2000 pixel
- TokoPedia: Rasio 1:1 - Pixel minimal 700 × 700 pixel. Pixel maksimal 2048 × 2048 pixel
- Lazada: Rasio 1:1 - Pixel minimal 500 × 500 pixel. Pixel maksimal 2000 × 2000 pixel
- Bukalapak: Rasio 1:1 - Pixel minimal 300 × 300 pixel. Pixel maksimal 2000 × 2000 pixel
- Blibli: Rasio 1:1 - Pixel minimal 600 × 600 pixel. Pixel maksimal 2048 × 2048 pixel
Dari kelima e-commerce diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk memposting foto produk di e-commerce, rasio yang digunakan adalah 1:1. Artinya postingan harus berbentuk square. Selain itu, untuk ukuran postingannya, ukuran postingan terbaik adalah di 500 × 500 pixel, hal ini untuk menghindari hasil gambar yang pecah dan proses loading yang lama.
Sekian 2 tips maksimalkan foto produk untuk bisnis online shop anda. Semoga bermanfaat.
Sumber Informasi: Potongan pelatihan di Skill Academy by Ruangguru
Posting Komentar untuk "2 Tips Maksimalkan Foto Produk Untuk Bisnis Online Shop Anda"
Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^