-->

Soal dan Kunci Jawaban PTS Bhs Indonesia Kelas 10 SMA/SMK

 Berikut soal dan jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas 10 SMA/SMK

Soal dan Kunci Jawaban PTS Bhs Indonesia Kelas 10 SMA/SMK

A. Pilihan Ganda

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban yang paling tepat!


1. Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan….

a. kehidupan pribadi

b. kisah manusia dan kehidupannya

c. manusia dan realitanya

d. pengalaman seseorang

e. manusia yang menjengkelkan


2. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….

a. ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum

b. suatu fakta

c. realita kehidupan

d. opini dari para tokoh

e. kehidupan tokoh penting


3. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….

a. mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya

b. menghibur pembacanya

c. menghilangkan stress

d. refresing dari berbagai aktivitas

e. mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya


4. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….

a. bersifat menghibur

b. mengungkapkan kebenaran yang lebih umum

c. bersifat mengejek seseorang

d. terilhami dari kejadian nyata

e. bersifat sindiram alami


5. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. mengidentifikasi

b. menelaah

c. menganalisis

d. mengabstraksi

e. mengevaluasi


6. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….

a. mempertanyakan apakah secara keseluruhan bisa dianggap sebagai karangan utuh (lengkap)

b. mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain

c. mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai

d. mempertanyakan apakah ada paragraph yang menyimpang

e. mempertanyakan apakah ada paragraph yang susah dimengerti


7. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….

a. isinya

b. struktur teksnya

c. unsur kebahasannya

d. makna tersirat

e. makna tersurat


8. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat mengevaluasi teks ankedot, kecuali….

a. Apa yang dilakukan?

b. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?

c. Siapa yang kita sindir?

d. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?

e. Bagaimana kelengkapan struktur teks abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda?


9. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki….

a. unsur kebahasaan

b. struktur teks

c. struktur da nisi teks

d. unsur lucu/jengkel/konyol

e. unsur memengaruhi


10. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….

a. abstraksi

b. orientasi

c. puncak pertikaian

d. koda

e. krisis


11. Abstraksi merupakan bagian awal paragraf yang berfungsi memberikan gambaran tentang isi teks dan biasanya menunjukan….

a. hal yang unik

b. latar belakang peristiwa itu terjadi

c. hal yang tidak biasa terjadi pada tokoh cerita

d. tokoh cerita menyelesaikan masalah pada bagian krisis

e. kesimpulan mengenai kejadian yang terjadi pada tokoh cerita


12. Salah satu unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks anekdot adalah pertanyaan retoris, yang artinya….

a. pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban

b. pernyataan singkat

c. pernyataan dari tokoh yang mengalami peristiwa dalam cerita

d. pernyataan umum dari peristiwa

e. pernyataan khusus dari peristiwa


13. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis teks anekdot, kecuali….

a. membaca teks anekdot dengan seksama anekdot

b. memahami teks anekdot dengan baik

c. menganalisa struktur teks, yaitu memisahkan bagian abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda

d. menemukan kata kias, konjungsi, kalimat retoris (jika ada)

e. membaca teks dengan cepat


14. Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal berdasarkan….

a. penelitian dilapangan

b. cerita fiksi

c. hasil observasi

d. kejadian yang sebenarnya

e. wawasan yang luas


15. Bagian dalam teks anekdot, yang memunculkan hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada si penulis atau orang yang diceritakan adalah….

a. orientasi

b. krisis

c. koda

d. konkluksi

e. abstraksi


16. Berikut ini termasuk bagian yang ada dalam teks anekdot, kecuali….

a. orientasi

b. krisis

c. reaksi

d. analisis

e. koda


17. Perhatikan teks berikut!

Jeruk nipis mulai populer sebagai salah satu jenis buah tropis yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji. Beberapa petani di berbagai daerah telah beranjak mengebunkan jeruk nipis dalam skala usaha lebih luas dan intensif. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.

Makna tersirat dari teks tersebut adalah….

a. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menghilaangkan bau amis.

b. Pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.

c. Jeruk nipis adalah buah yang berwarna hijau berbentuk bulat kecil seperti bola, tetapi memiliki khasiat yang tidak kecil seperti bentuknya.

d. Jeruk nipis biasanya digunakan untuk campuran minuman dan berkhasiat menyembuhkan penyakit

e. Bagi peminat bisnis tani jeruk nipis yang tidak memiliki lahan cukup luas, dapat mempertimbangkan penanaman dalam pot.


18. Perhatikan kalimat berikut!

Di sebuah desa, hiduplah seorang janda dengan anaknya. Hari ini tidak ada kepulan asap di dapur.

Kalimat tersebut termasuk struktur teks anekdot bagian….

a. abstraksi

b. orientasi

c. krisis

d. reaksi

e. koda


19. Kegiatan mengoreksi teks yang sudah dibuat berdasarkan kesesuaian isi dengan topik, kaidah, bahasa. Hal ini termasuk salah satu langkah dalam….

a. merevisi teks anekdot

b. menyunting teks anekdot

c. pengendapan ide dari teks anekdot

d. memberi judul pada teks anekdot

e. menetukan tema teks anekdot


20. Berikut termasuk cara memperoleh bahan-bahan referensi untuk teks anekdot, keucali….

a. koran

b. internet

c. lawakan

d. observasi

e. imajinasi


21. Kalimat berikut yang termasuk unsur lucu/konyol/jengkel dari teks anekdot adalah….

a. Katakanlah hal kebenaran.

b. Perhatikan kehidupan orang miskin.

c. Kesenangan sesaat akan menghancurkan masa depat.

d. Di sebuah desa, tinggallah seorang ibu dan anaknya.

e. Ibu yang memuji tindakan anaknya yang salah.


22. Perhatikan penggalan teks anekdot berikut!

Pada malam jumat, paling banyak ditemukan politisi melakukan blusukan, termasuk Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama). Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah kebetulan disana banyak wartawan meliput sehingga dia makin semangat menyerahkan bingkisan.

Dalam teks tersebut yang termasuk peristiwa penting adalah….

a. Pada malam jumat, sejumlah politisi melakukan ”blusukan” ke daerah-daerah banjir.

b. Darman (maaf bukan nama yang sebenarnya dan bukan sebenarnya nama).

c. Darman mendatangi kampung yang diterjang banjir paling parah.

d. Kebetulan disana banyak wartawan meliput.

e. Darman makin semangat menyerahkan bingkisan.


23. Perhatikan teks anekdot berikut!

Seorang tua tengah menggembalakan keledainya dipadang rumput, tiba-tiba dikejutkan dengan teriakan beberapa tentara musuh. “Cepat larinya,” teriak si Tua itu si keledai, “Jangan sampai mereka menangkap kita.” Tetapi si keledai tetap kalem berjalan. “Katakan,” ujar si keledai, “Jika jatuh ke tangan musuh apa aku harus membawa beban dobel?” “Kukira tidak,” jawab si Tua. “Lalu apa peduliku dengan siapa yang akan ku layani? Toh bebanku sama saja.” Si Tua pun berlari meninggalkan keledai.

Konjungsi yang digunakan pada teks tersebut adalah….

a. tetapi dan sedangkan

b. sedangkan dan tiba-tiba

c. tetapi dan namun

d. tiba-tiba dan meskipun

e. tiba-tiba dan tetapi


24. Perhatikan teks anekdot berikut!

Setiap hari orang tua Iwan selalu bekerja. Mereka jarang pulang kerumah karena harus mengisi acara seminar maupun diklat. Sudah satu bulan lamanya mereka tidak bertemu anaknya. Rasa kangen pun mendera. Sang bapak ingin menguji anaknya, apakah dia mencintai dan merindukannya.

Bapak: Wan, apakah kamu sayang terhadap orang tuamu?

Iwan: Sangat sayang. Aku selalu merindukan ayah dan ibu ketika aku sendiri di rumah (jawab Iwan bohong).

Bapaknya lega mendengar perkataan Iwan. Beliau percaya kalau anaknya sangat menyayangi orang tua.

Ayahnya kemudian berdoa, ‘Ya, Tuhan terima kasih Kau telah titipkan kepada hamba seorang anak yang baik. Berikan dia hukuman jika salah.” Seketika itu, Iwan jatuh pingsan. Bapaknya segera melarikannya kerumah sakit. Iwan langsung mendapatkan pertolongan tim medis dan masuk ruang ICU. Ayahnya hanya menangis.

Partisipan yang terlibat dalam teks anekdot itu adalah….

a. bapak

b. Iwan

c. bapak, Iwan, dan tim medis

d. bapak dan Iwan

e. Iwan dan tim medis


25. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuat teks anekdot, kecuali….

a. Melakukan pengamatan atau perenungan untuk menemukan ide cerita yang minimal mengandung krisis dan reaksi unik yang lucu.

b. Ide cerita yang paling sederhana adalah dalam bentuk tanya-jawab yang jawabannya aneh dan bisa membuat pembaca tertawa.

c. Mengembangkan ide cerita menjadi teks anekdot dengan memberi latar, tokoh, dan dialog.

d. Mengusahakan rangkaian dialognya membentuk rangkaian event, krisis, dan reaksi.

e. Ada prolog yang menggambarkan sebuah cerita.


26. Pengarang membawa pembaca ke dunia khayal atau imajinasi yang serba indah. Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri hikayat yang berarti….

a. anonym

b. bersifat pralogis

c. menggunakan bahasa klise

d. istana sentris

e. magis


27. Jika dilihat berdasarkan nilai historisnya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Salah satunya adalah….

a. Hikayat berunsur Hindu-Islam

b. Hikayat melayu Asli

c. Hikayat Hang Tuah

d. Hikayat Si Miskin

e. Hikayat Indera Bangsawan


28. Hikayat yang hanya berunsur Islam dan berasal dari tradisi sastra Arab-Persia. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. Hikayat berunsur Hindu-Islam

b. HIkayat berunsur Hindu

c. Hikayat Malim Dewa

d. Hikayat Pattani

e. Hikayat berunsur Islam


29. Jika dilihat berdasarkan isinya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokan dalam tiga jenis. Salah satu contoh hikayat biografi adalah….

a. Hikayat Hang Tuah

b. Hikayat Sultan Ibrahim bin Adam

c. Hikayat Pattani

d. Hikayat Raja-Raja Passai

e. Hikayat Malim Dewa


30. Beragam jenis hikayat yang ada saat ini dikemukakan dalam buku-buku berikut, kecuali….

a. buku-buku Islami

b. buku cerita anak-anak

c. buku pelajaran

d. buku-buku legenda Melayu

e. buku-buku sastra


31. Salah satu bentuk karya sastra prosa lama yang isinya berupa cerita, kisah, dongeng maupun sejarah. Penyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. dongeng

b. cerita

c. cerita rakyat

d. hikayat

e. novel


32. Dalam khazanah kesusastraan Indonesia kita mengenal berbagai karya sastra, salah satunya hikayat. Tokoh yang dikisahkan dalam hikayat biasanya….

a. seorang raja

b. presiden

c. istana besar

d. baginda dikerajaan

e. rakyat jelata


33. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang berarti….

a. mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan logika umum, ada juga yang menyebut fantastis

b. menggunakan bahasa yang diulang-ulang

c. pengarangnya tidak dikenali

d. meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik

e. menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/kerajaan


34. Hikayat diyakini sebagai cerita rekaan yang hamper menyerupai …. masa lalu.

a. cerita fiktif

b. dongeng

c. cerita rekaan

d. cerita rakyat

e. fable


35. Hikayat termasuk dalam jenis karya sastra yang usianya beratus-ratus tahun lamanya. Untuk pertama kalinya, karya ini berkembang ditengah masyarakat bangsa….

a. Eropa

b. Persia

c. Mesir

d. Arab

e. Yunani kuno


36. Dalam karya sastra kita mengenali dua unsur, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah….

a. unsur yang menyusun sebuah karya sastra dari dalam yang mewujudkan struktur suatu karya sastra

b. unsur yang membentuk karya sastra dari luar sastra itu sendiri

c. unsur kebahasaan

d. unsur pembangun dalam hikayat

e. unsur pengindah karya sastra


37. Berikut ini termasuk unsur intrinsik dalam hikayat, kecuali….

a. tema

b. tokoh dan penokohan

c. alur dan pengaluran

d. latar dan peralatan

e. biografi dan pengarang


38. Tokoh merupakan pelaku dalam karya sastra. Biasanya, dalam karya sastra ada beberapa tokoh, tetapi hanya ada satu yaitu….

a. tokoh pembantu

b. tokoh utama

c. tokoh datar

d. tokoh bulat

e. tokoh pengganti


39. Alur merupakan rangkaian peristiwa yang memiliki hubungan sebab akibat sehingga menjadi satu kesatuan yang padu atau bulat dan utuh. Alur disebut juga….

a. setting

b. penokohan

c. dialog

d. plot

e. amanat


40. Untuk melakukan pendekatan terhadap unsur ekstrinsik, diperlukan bantuan ilmu-ilmu kerabat, seperti….

a. antropologi

b. kearifan local

c. kehidupan sosial

d. sosialogi

e. kekerabatan


41. Tujuan dari menceritakan kembali isi hikayat adalah untuk….

a. menyimpulkan isi hikayat

b. menyimpulkan nilai-nilai dalam hikayat

c. menyimpulkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat

d. mengetahui isi hikayat

e. menganalisis struktur dan unsur kebahasaan hikayat


42. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menceritakan isi hikayat, kecuali….

a. mencari hikayat yang akan dibaca

b. membaca seluruh isi hikayat

c. memahami isi yang ada dalam hikayat

d. mencatat nilai-nilai yang ada dalam hikayat

e. melakukan penilaian terhadap isi hikayat


43. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol, yaitu….

a. istana dan lingkungan sekitar

b. rumah orang kaya

c. rumah orang miskin

d. tempat keramaian

e. pusat perbelanjaan yang banyak pengunjungnya


44. Tokoh dalam individu yang diciptakan pengarang yang mengalami peristiwa dan lakuan dalam cerita. Pada hikayat, tokoh-tokohnya terbatasnya berikut ini, kecuali….

a. raja-raja

b. ratu

c. tokoh yang diciptakan pengarang tidak terbatas

d. permaisuri

e. rakyat jelata


45. Alur terbagi atas alur maju (progresif), alur mundur (flash back), atau alur campuran. Pada hikayat, alur yang digunakan biasanya….

a. alur

b. alur maju

c. alur mundur

d. flash back

e. alur campuran


46. Cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah kesan bagi pembaca. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

a. alur

b. sudut pandang

c. amanat

d. gaya Bahasa

e. tokoh dan penokohan


47. Pada hikayat, sudut pandang yang digunakan biasanya diaan-mahatahu, karena hikayat bersifat anonim, yang artinya….

a. tidak tersebutkan nama pengarangnya

b. mencantumkan nama pengarang

c. mengedepankan pengarang

d. penulis yang disesuaikan dengan tokoh utama

e. pengarang menjadi nomor satu


48. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen, kecuali….

a. menilai hikayat yang sudah diubah menjadi cerpen

b. meringkas atau membuat sinopsis sebuah penggalan hikayat

c. mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat

d. memilih konflik yang menarik

e. mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen


49. Hikayat bersifat istana sentris, banyak menggunakan gaya bahasa klise, dan alurnya mudah ditebak sehingga cenderung monoton. Hal ini berbeda dengan karya sastra baru seperti cerpen yang memiliki….

a. gaya bahasa bebas

b. alur lebih dinamis

c. gaya bahasa teratur

d. alur mengikuti aturan

e. gaya bahasa bebas dan alur lebih dinamis


50. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise yang dapat diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih….

a. monoton

b. indah

c. mudah dipahami pembaca

d. menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini

e. menarik untuk dibaca


Kunci Jawaban

  1. D       11. A      21. E     31. D    41. C

  2. A       12. A      22. A     32. A    42. C

  3. B      13. C      23. C     33. C    43. A

  4. C      14. D      24. C     34. B    44. C

  5. C      15. B      25. C     35. D    45. B

  6. C      16. D      26. E     36. A    46. D

  7. D      17. B      27. A     37. C    47. A

  8. A      18. A      28. C     38. A    48. A

  9. D      19. B      29. B     39. D    49. E

10. C      20. E      30. C     40. D    50. D

Unduh PDF

Sekian soal dan jawaban Penilaian Tengah Semester (PTS) kelas 10 SMA/SMK. Semoga bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Kunci Jawaban PTS Bhs Indonesia Kelas 10 SMA/SMK"

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel