Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Bisnis Online Shop di Instagram dan E-commerce

 Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjalankan bisnis online shop baik itu di instagram maupun e-commerce agar usaha bisnis kita mampu berjalan sesuai target yang diharapkan. Berikut diantaranya;

Tips Sukses Bisnis Online Shop di Instagram dan E-commerce


Mindset penting untuk mendukung kesuksesan online shop

  • Fokus ke satu kategori bisnis 
  • Start Small & Think Big 
  • Buat Strategi pemasaran untuk penjualan 
  • Berpikir Jangka Panjang 
  • Pastikan melakukan perencanaan 
  • Tetapkan Goal utama dari online shop


Cara membuat goals yang benar dari online shop

  1. Goal harus konkret 
  2. Goal harus punya limit 
  3. Goal harus ditulis dan bisa dilihat setiap hari 
  4. Goal yang besar harus punya Milestone 
  5. Rancang goal dalam kurun waktu harian, bulanan, dan tahunan


Menemukan produk yang tepat untuk dijual

  • Tentukan produk terlebih dahulu kemudian suppliernya 
  • Pastikan produk sesuai dengan passion 
  • Cari produk yang sudah laku, dan lihat kekurangannya 
  • Cari produk yang membuat anda selalu ingin membelinya 
  • Cari produk yang membuat rajin merisetnya sebelum membelinya 
  • Cari supplier produk mulai dari orang terdekat


Tiga tipe penjual di online shop

1. Produsen

Produsen adalah tipe penjual yang mengerjakan proses produksi/pembuatan barangnya sendiri hingga siap didistribusikan.

Kelebihan Produsen:

  • Produsen memiliki kontrol penuh terhadap barang yang diproduksi untuk dipasarkan 
  • Menjadi produsen meningkatkan citra positif online shop di mata industri, khususnya perbankan

Kekurangan Produsen:

  • Produsen membutuhkan jumlah karyawan yang lebih banyak daripada dropshipper dan reseller
  • Produsen membutuhkan modal yang lebih besar dibandingkan sistem penjualan online lainnya

2. Dropshipper

Dropshipper adalah tipe penjual online yang menjajakan gambar produk yang diunggah di marketplace, khususnya Instagram. Alur kerjanya seperti berikut :

Dropshipper adalah tipe penjual online yang menjajakan gambar produk yang diunggah di marketplace, khususnya Instagram. Alur kerjanya seperti berikut :

Kelebihan Dropshipper:

  • Dropshipper mengeluarkan modal yang cenderung kecil
  • Tidak membutuhkan tim besar; mulai dari diri sendiri 

Kelemahan Dropshipper:

  • Harga tidak mengikat konsumen / pembeli
  • Dropshipper tidak memiliki kontrol apapun terhadap produk yang dipasarkan 
  • Dropshipper tidak memiliki jaminan bahwa pengiriman produk akurat


3. Reseller

Reseller adalah penjual yang membeli produknya lebih dahulu, kemudian dijual kembali. 

Kelebihan Reseller:

  • Reseller dapat mengontrol harga dibandingkan dropshipper
  • Reseller memiliki control parsial, khususnya pada proses pengiriman 
  • Reseller membantu penjual untuk lebih berkomitmen karena mengeluarkan modal lebih besar

Kekurangan Reseller:

  • Reseller mengeluarkan modal lebih besar dibandingkan dengan dropshipper 
  • Reseller membutuhkan setidaknya 1 tim kecil untuk memaksimalkan aktivitas penjualan 
  • Reseller tidak memiliki kontrol produksi barang yang dijual


Jenis-Jenis konten yang dapat diposting:

  • Product Shot 
  • Model shot 
  • Kupon 
  • Behind the scenes 
  • Testimoni 
  • Giveaway
  • Endorsment yakni foto dari Brand yang digunakan oleh influencer-influencer 
  • Graphic Design 

Ciri Konten yang Baik di Online shop 

  1. Konten harus In Sync dengan branding 
  2. Caption harus disesuaikan dengan branding 
  3. Warna, font, dan style juga sinkron dengan branding 
  4. Pilih influencers yang sesuai 
  5. Gunakan Content Calendar untuk memanage konten.


Cara mencari waktu yang tepat untuk mengunggah konten 

  1. Pelajari waktu posting kompetitor Anda 
  2. Cari kompetitor yang aktif atau sudah terkenal 
  3. Hindari waktu posting yang bersamaan dengan kompetitor 
  4. Pastikan waktu posting Anda lebih dulu dibandingkan kompetitor 
  5. Sesuaikan waktu posting dengan waktu online customer 
  6. Waktu online customer dapat diketahui melalui riset customer 
  7. Posting setidaknya 1 kali sehari


Membuat profil online shop yang baik 

  1. Buat Username yang baik dengan ketentuan 
  2. Pilih nama yang mudah diingat 
  3. Username sebaiknya satu atau dua suku kata saja 
  4. Hindari penggunaan garis bawah 
  5. Username dapat menggunakan titik dan emoji 
  6. Buat keyword yang mudah 
  7. Jangan lupa masukkan kontak anda 
  8. Gunakan website (linktree) untuk menautkan multi-links


Konten foto dan video menarik untuk online shop

Pengambilan foto & video dapat menggunakan kamera HP, DSLR, maupun menggunakan jasa professional (Photoshoot Agency).

Konten foto dan video menarik untuk online shop

Jenis-Jenis Video di Instagram

  • Video feed, durasi maksimal 1 menit 
  • Instagram Live
  • Video stories, durasi maksimal 15 detik 
  • Video IG TV, durasi maksimal 30 menit 


Cara membuat caption yang menarik

Caption adalah deskripsi yang muncul di bawah unggahan konten di Instagram. Berikut adalah cara membuat caption yang menarik: 

  1. Buat caption seakan-akan menceritakan produk anda 
  2. Berikan kesan sentuhan pribadi (personal touch) pada caption 
  3. Berikan alasan untuk customer membeli produk pada caption 
  4. Berikan ekspektasi kepada costumer jika membeli produk tersebut
  5. Tuliskan fitur-fitur produk yang anda jual pada caption 
  6. Tuliskan prosedur pembelian produk pada caption 
  7. Berikan info jika produk terbatas


Tips mempromosikan Online shop 

  1. Sebelumnya lakukan riset competitor 
  2. Pelajari cara kompetitor melakukan promosi 
  3. Promosi dapat dilakukan melalui konten, iklan, dan endorsement 
  4. Buat Influencers dan followers menggunakan hashtag yang sama agar konten menjadi trending topic. 
  5. Gunakan content calendar untuk menjadwalkan konten promosi 
  6. Promo diumumkan sebaiknya 1-2 minggu sebelum hari puncaknya.


Organic vs Paid Ads

Organic murupakan promosi dengan berbasis konten yang bagus tanpa Ads (Berbayar). Paid ads merupakan iklan berbayar untuk membantu promosi online shop. Dalam melakukan promosi sebaiknya gunakan organic dan paid ads secara bersamaan


Endorse 

Endorse adalah membayar influencer untuk mempromosikan produk atau jasa brand anda.


Jenis-jenis Instagram Influencer

  1. Nano influencer memiliki kurang dari 50 ribu pengikut di Instagram
  2. Micro influencer, memiliki 100 – 500 ribu pengikut di Instagram
  3. Macro influencer, memiliki lebih dari 500 ribu pengikut di Instagram
  4. Mega influencer, memiliki jutaan pengikut di Instagram


Cara memilih Influencer yang tepat untuk endorse 

  • Pilih influencer dengan engagement rate yang cukup tinggi
  • Cek kecocokan komunitas penggemar influencer dengan produk Anda 


Automation 

Automation adalah sebuah aktivitas harian untuk mendukung memaksimalkan penggunaan Instagram bisnis dan dijalankan oleh Bot secara otomatis.

Proses Menggunakan Automation 

  • Memasukkan #hashtag pada konten yang ingin Anda otomatisasi di Instagram 
  • Gunakan otomatisasi untuk follow, like, dan unfollow pengguna lainnya 
  • Gunakan otomatisasi juga untuk Auto reply Direct Message (DM) yang masuk 
  • Otomatisasi juga dapat dilakukan untuk mengunggah konten secara otomatis 
  • Jangan otomatisasi untuk komentar online shop Anda


Menyiapkan Customer Service 

Menyiapkan customer service bertujuan untuk membantu pelayanan pada pelanggan. Diharapkan customer service dapat merespons pesanan (Take order) serta meyakinkan calon customer untuk membeli (Closing).

Cara Merespons Pesanan:

  1. Gunakan sapaan yang sewajarnya ketika menerima pemesanan 
  2. Siapkan template pesan yang mudah disalin untuk beragam chat pelanggan 
  3. Berikan pilihan produk di akhir percakapan kepada pelanggan 
  4. Jika ada pelanggan complain, pikirkan cara menanggapi komplain pelanggan dengan bijak

Template chat untuk Customer Service

  • Sapaan netral untuk semua customer 
  • Akhiri percakapan dengan pertanyaan tertutup 
  • Berikan penawaran promosi pada pesan penutup 
  • Pastikan gaya pesan dan sapaan sesuai dengan produk Anda 
  • Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk memberi kesan professional
  • Hindari penggunaan singkatan yang membingungkan customer 
  • Hindari penggunakan emoji berlebihan

Platform Chat untuk Customer Service di Online shop

  • WhatsApp 
  • Line@ 
  • Website chat


Cara alternatif mengembangkan Online shop Instagram 

  • Jalin kerja sama dengan brand online shop Instagram sejenis lainnya 
  • Membangun pop-up store dan flag store


Keuntungan Pop-up dan Flag Store 

  • Memudahkan brand Anda lebih dikenal banyak orang 
  • Meningkatkan kepercayaan para pelanggan


Tips mempertahankan bisnis Online shop 

  • Fokus dalam menjalankan bisnis! 
  • Fokus pada 1 kategori minimal 1 tahun! 
  • Face the problem, face the challenge! 
  • Lakukan investasi 
  • Gigih menjalankan bisnis online shop Anda 
  • Kreatif dan inovatif meski tidak orisinal 
  • Konsisten membangun konten


Laris Manis Berjualan di E-Commerce

E-commerce menjadi sektor terbesar dan berkembang dengan sangat cepat pada 2019, dan Indonesia adalah negara yang mengalami pertumbuhan e-commerce tercepat di ASEAN (berurutan: Indonesia - Vietnam - Filipina - Thailand - Malaysia - Singapore). Menurut data iprice Q4 2019, lima e-commerce yang paling diminati di Indonesia adalah: Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. 

Fakta-fakta ini menunjukkan berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dengan berjualan di e-commerce, antara lain:

  • Orang lebih percaya karena merasa lebih aman
  • Mendapat traffic gratis ke toko online yang dimiliki 
  • Fokus dalam penjualan, karena orang yang mengakses e-commerce memang bertujuan untuk membeli sesuatu dan disertai daya beli 
  • Mendapat data yang bermanfaat untuk strategi meningkatkan penjualan 
  • Ada tampilan rating yang menunjang kredibilitas dan reputasi toko

Keuntungan tersebut juga disertai dengan tantangan berjualan di e-commerce, yaitu kompetitor banyak dan beragam, dengan harga yang bersaing pula. Maka perlu strategi yang tepat untuk berjualan di e-commerce. Strategi tersebut dirangkum dalam 5 pilar sukses berjualan di e-commerce, yaitu:


1. Discoverability (Toko dapat Ditemukan)

Discoverability adalah seberapa mudah orang menemukan toko dan produk-mu pada halaman-halaman situs e-commerce. Cara mengecek discoverability: 

  • Cek apakah produk atau tokomu muncul dalam rekomendasi jika seseorang memasukkan keyword berupa nama brand produk yang kamu jual.
  • Cek apakah produk atau tokomu muncul dalam rekomendasi jika seseorang memasukkan keyword berupa nama benda secara general.
  • Cek juga apakah produk-mu terlihat di halaman awal sebuah platform e-commerce.
  • Cek kembali apakah tokomu muncul jika customer memasukkan nama toko-mu di kolom pencarian.

Tips meningkatkan discoverability

  • Kamu harus sering mengikuti campaign yang dibuka oleh e-commerce, agar algoritma produk kamu naik
  • Masukkan keywords yang umum pada nama & deskripsi produk kamu. 
  • Ikuti program flash sales yang diadakan oleh e-commerce, yang berguna untuk “menggaet” pembeli agar meng-klik dan masuk ke tokomu, sehingga pembeli dapat melihat-lihat barang lain yang kamu jual di tokomu. 
  • Apabila diperlukan, belilah iklan berbayar pada platform e-commerce, supaya toko dan produkmu lebih sering muncul dan terekspos pembeli.


2. Onsite Excellence (Keunggulan Tampilan)

Onsite excellence adalah meningkatkan keunggulan tampilan toko, dari mulai penampilan toko, konten produk, penamaan produk, hero image, secondary image, dan deskripsi produk. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan onsite excellence: 

  • SIS – Shop in Shop 
  • Hero Image 
  • Secondary Image 
  • Deskripsi produk 
  • Konten menyesuaikan produk yang dijual
  • Harus mobile-friendly


3. Commercial Excellence (Strategi dalam Menjual Produk)

Commercial excellence adalah menentukan produk apa yang harus dijual dan apa saja yang dapat dilakukan untuk menaikkan penjualan, dengan cara membuat perencanaan campaign untuk mempromosikan toko. Aktif berpartisipasi dalam berbagai campaign dan exclusive deals dapat dilakukan dengan cara: 

  • Bergabung dengan platform campaigns 
  • Berpartisipasi dalam flash sales 
  • Mengkomunikasikan promo yang diberikan 
  • Memberikan voucher/cashback 
  • Membuat bundle paket dan memberikan hadiah gratis
  • Meningkatkan kemampuan untuk ditemukan melalui iklan berbayar


4. Marketing & Promotion (Pemasaran & Promosi)

Marketing dan promotions adalah menemukan keunggulan toko dan menggunakan hal tersebut dalam pemasaran dan promosi, dengan memaksimalkan tools marketing yang ada di platform e-commerce. Tips untuk menarik pelanggan dan meningkatkan pembelian: 

  • Free delivery 
  • Coupons & discounts 
  • Customer reviews 
  • Easy return policy 
  • Loyalty points 
  • Quick/easy online checkout process 
  • Next-day delivery 
  • Lots of “likes”/good comments on media 
  • Live streaming


5. Operational Excellence (Keunggulan Operasional)

Operational excellence adalah cara-cara untuk meningkatkan pelayanan toko kepada pelanggan, antara lain: 

  • Ketersediaan barang: pastikan barang tersedia untuk dibeli, dengan stok minimum 90% dari keseluruhan barang yang ada di etalase toko. 
  • Respon terhadap chat pelanggan: toko harus responsif terhadap chat pelanggan dengan waktu kurang dari 30 menit. Apabila tidak memungkinkan untuk selalu online, buatlah sistem balasan otomatis (auto-reply) untuk pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul (FAQ), sehingga pelanggan memperoleh informasi yang dibutuhkan. 
  • Durasi pengiriman: setiap pesanan yang sudah masuk harus segera diproses untuk dikirim, jangan menunggu hingga pesanan menumpuk. Ketepatan waktu dalam pengiriman barang juga perlu diperhatikan demi kepuasan pelanggan.
  • Rating dan review: ingatkan pelanggan untuk memberi review setelah membeli membeli produk dengan chat. Lalu bagikan hasil review pelanggan di feed khusus (social commerce) pada toko.


Semoga bermanfaat..

Sumber: Pelatihan Skill Academy by Ruangguru (Tips Sukses Bisnis Online Shop di Instagram)

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis Online Shop di Instagram dan E-commerce"