Youtuber Atau Blogger Mana Yang Terbaik? Ini Ulasan Lengkapnya...

 Ketika Seseorang sedang mencari peluang dalam hal menghasilkan uang dengan cara online, tentu jawaban yang paling trending saat ini adalah dengan mengambil profesi menjadi Youtuber atau Blogger. Jelas saja, karena saat ini baik youtuber ataupun blogger dapat dijadikan bisnis online yang menjanjikan baik itu dijadikan sebagai penerbit iklan (Publisher) dengan menyajikan konten bermanfaat, branding (Popularitas), bahkan bisa untuk berjualan juga.

Namun bagi anda yang saat ini sedang mencari referensi mana yang terbaik diantara kedua platform tersebut, kali ini Rajaonline akan berbagi beberapa informasi terkait kelebihan dan kekurangan dari perbandingan antara youtuber dan blogger. Semoga anda bisa mendapatkan jawaban yang terbaik disini.


Baik itu Blogger maupun Youtuber, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut dibawah ini kekurangan dan kelebihan dari setiap aspek yang ada di youtube atau blogger:    1. Persiapan Awal Kita mulai dari tahap yang paling dasar yaitu dari tahapan prepare atau persiapan awal dalam memulai mejalankan blog atau youtube.  Baik blogger maupun youtube, keduanya bisa dimulai dengan modal gratisan. Kedua program tersebut juga bisa dibilang mudah dalam membuatnya. Namun dari segi menjalankannya tentu sangat berbeda.    Blogger: Untuk dapat mengoperas


Baik itu Blogger maupun Youtuber, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut dibawah ini kekurangan dan kelebihan dari setiap aspek yang ada di youtube atau blogger:


1. Persiapan Awal

Kita mulai dari tahap yang paling dasar yaitu dari tahapan prepare atau persiapan awal dalam memulai mejalankan blog atau youtube.

Baik blogger maupun youtube, keduanya bisa dimulai dengan modal gratisan. Kedua program tersebut juga bisa dibilang mudah dalam membuatnya. Namun dari segi menjalankannya tentu sangat berbeda.


Blogger:

Untuk dapat mengoperasikan Blogger dengan baik, tentunya dianjurkan memiliki laptop atau komputer untuk hasil yang maksimal. memang menggunakan hp/smartphone pun bisa, namun ketika anda menjalankan blogger, anda akan berurusan dengan koding html untuk mengatur tampilan blog/website anda, baik itu untuk memasang widget iklan atau lainnya maupun untuk memasang kode html seperti kode google analytic, google search console, dll.

Anda tidak wajib diharuskan paham tentang kodingan, orang awampun pasti gampang mengerti tentang memasang kode html ini karena pihak Google sudah menyiapkannya semudah mungkin. Namun jika anda hanya menggunakan hp dalam pengoperasiannya, akan membuat kinerja anda kurang maksimal dan akan sedikit memakan waktu lebih.

Maka, disarankan anda memiliki latop atau komputer untuk mengoperasikan Blogger agar anda lebih mudah dalam mengoptimalkan kinerja blog anda.


Youtuber:

Berbanding terbalik dengan blogger. untuk menjalankan youtube, anda sudah bisa maksimal meskipun hanya menggunakan hp. Karena dalam mengoperasikan youtube, anda tidak perlu setting-setting kode html. Dan untuk keperluan lainnya seperti merekam video, mengedit, hingga mempublikasikan konten, hp sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun tentunya smartphone yang anda gunakan juga tentunya harus mempunyai spek yang mumpuni agar hasil konten anda maksimal. Karena konten youtube berupa video, jadi jika hp anda bagus, maka hasil video yang dipublikasikanpun tentunya akan jernih juga.


Kesimpulan:

Dari segi persiapan awal ini, tentunya youtube lebih unggul dari blogger, karena cukup dengan hp saja youtube sudah bisa dimaksimalkan. Selain itu, youtube juga tidak perlu utak-atik kode html.


2. Pengoperasian

Salah satu hal yang harus jadi perhatian kita sebelum memilih antara blogger atau youtuber tentunya adalah dari segi pengoperasiannya. Tentu akan ada kesulitan dan kemudahan di kedua platform tersebut, berikut diantaranya:


Blogger:

Blogger sudah di setting semudah mungkin agar penggunanya gampang mengoperasikannya. Meskipun ada kegiatan pengaturan kode html, namun hal tersebut tidaklah sulit. Cukup dengan mengcopy kode yang tersedia dan pastekan ke tempat yang sudah diperintahkan atau paste sesuai keinginan anda.

Selain itu, dalam hal membuat konten, Blogger cukup simple. Hanya dengan menulis saja, anda sudah dapat mempublikasikan konten anda. Tentunya hal ini sangat mudah dan tidak ribet. Proses menulis konten juga tidak memerlukan kuota internet yang berlebihan. Sehingga anda tidak perlu pusing memikirkan masalah kuota anda.

Hal dasar yang harus anda miliki agar anda mampu membuat konten yang maksimal dari blogger yaitu kerapihan dalam menulis dan mempunyai tata bahasa yang baik juga. 


Youtube:

Youtube pun sama mudahnya dalam hal pengoperasian. Disini anda tidak perlu ngurus kodingan. Namun proses dalam pembuatan konten youtube, sedikit lebih panjang dibanding blogger.

Jika blogger hanya perlu menulis kemudian langsung mempublikasikan konten, youtube ini berbeda. Anda harus membuat konten berupa video, kemudian setelah video tersebut siap, anda harus mengedit video konten tersebut agar hasilnya lebih maksimal, mempersiapkan thumbnail konten yang akan di pos, barulah anda publikasikan.

Anda juga harus mempersiapkan kuota internet yang besar, karena ketika anda mengunggah video untuk diterbitkan, kuota internet akan cukup menguras. Jika blogger hanya perlu beberapa kb saja untuk mempublikasikan konten, youtube butuh setidaknya ratusan mb kuota untuk menerbitkan konten yang durasinya sekitar 10 menitan.

Maka disarankan anda memasang wifi dirumah jika hendak menjadi youtuber. Jika menggunakan kuota utama hp, tentunya anda akan banyak menguras isi dompet anda untuk membeli kuota jika anda ingin mempublikasikan konten youtube tiap hari.


Kesimpulan:

Dalam hal pengoperasian, blogger tentu lebih unggul dari youtuber. karena dalam memproduksi konten, blogger lebih simple dan ramah modal kuota.


3. Penghasilan

Tentu hal inilah yang jadi point utama, yaitu dari segi penghasilan. Bicara tentang menghasilkan uang di youtube dan blogger, saat ini yang paling populer yaitu dengan menjadi pengiklan (Publisher) di Google Adsense.

Namun bagaimana perbandingan antara keduanya dalam segi penghasilan?


Blogger:

Untuk dapat menghasilkan uang melalui blogger bisa disebut mudah. Anda tinggal mendaftarkan blog anda ke google adsense dan menunggu persetujuan.

Tidak ada persyaratan khusus agar blog anda dapat diterima adsense. Asalkan blog anda sudah dinilai layak untuk menjadi partner, google adsense akan langsung menerima pengajuan anda meskipun blog anda masih seumur jagung dan anda bisa langsung menampilkan iklan saat itu juga. Termasuk blog Rajaonline ini yang langsung diterima menjadi publisher adsense pada saat usia blog ini baru 3 minggu dengan baru mempunyai 10 artikel saja pada saat itu.

Selain itu, jika blog anda belum kunjung diterima oleh Google Adsense, ada alternatif periklanan lainnya yang sama seperti Google adsense, misalnya Adsterra, Propeller ads, MGID, Adnow dan sangat banyak yang lainnya. Sehingga banyak jalan bagi seorang blogger untuk dapat menghasilkan uang.


Youtube:

Memang saat ini di Indonesia youtube lebih populer dibanding blogger. Orang-orang Indo zaman sekarang lebih suka pergi membuka youtube dibanding blog. Hal tersebut karena kebanyakan orang Indonesia lebih suka menonton daripada membaca. Kurangnya minat membaca pada warga +62 membuat youtube saat ini lebih populer dibanding Blogger.

Namun dalam hal menghasilkan uang, youtube lebih ketat daripada blogger. Ada persyaratan khusus yang harus dilalui seorang youtuber agar diterima sebagai partner Google Adsense. Akun youtube anda harus mencapai 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir agar diterima adsense.

Tentunya syarat tersebut akan membutuhkan waktu yang lama bagi pemula. Dan untuk mencapai syarat tersebut anda harus mempunyai video yang berkualitas dan keahlian yang menjadi pembeda dengan youtuber lainnya. Kecuali jika anda seorang artis atau tokoh publik, maka video asal-asalanpun pasti subscribernya gampang naik.

Selain itu, jika akun anda kesulitan dalam diterima adsense, hampir tidak ada alternatif lainnya agar dapat menghasilkan uang di youtube, kecuali anda jadikan akun anda untuk berjualan produk atau sekedar mencari popularitas saja.


Kesimpulan:

Dalam hal menghasilkan uang, Rajaonline memilih blogger lebih unggul. Karena selain mudah diterima adsense, banyak juga alternatif periklanan lainnya yang bisa dijadikan cuan.

Jika anda bertanya lebih besar mana penghasilan antara youtube dan blogger? Rajaonline berani menjawab bahwa jika blogger dan youtube sama-sama mempunyai 1000 pengunjung perhari, penghasilan yang didapat lebih besar Blogger.

Hal tersebut karena dinilai dari seberapa banyak pengunjung mengklik iklan. Blogger lebih banyak medapatkan klik iklan dibanding youtube. klik iklan blogger bisa dari kecelakaan jari pengunjung saat scroll layar dan dari iklan yang samar seperti konten. Sementara di youtube, sangat jarang sekali pengunjung mengklik iklan video, kebanyakan mereka menekan tombol skip setelah 5 detik.

Iklan adsense adalah iklan CPC (Cost Per Click) atau dibayar saat ada aksi (Klik). Jadi jika iklan tidak di klik lanjutkan, iklan adsense hanya recehan saja. Dan blogger lebih mungkin mendapatkan banyak klik iklan dibanding youtube.


Kesimpulan Akhir

Baik itu Youtuber maupun Blogger memang sama-sama menjanjikan jika anda serius dalam menjalankannya. Namun jika anda mau memilih mana yang terbaik, tentunya kembali lagi ke tipe anda masing-masing.

Jika anda seorang yang suka dengan popularitas dan punya keahlian berbicara didepan kamera, youtube akan cocok dengan anda. Namun jika anda seorang yang pendiam atau tidak punya keahlian tampil didepan kamera lalu tidak begitu peduli dengan popularitas yang penting bisa menghasilkan uang, maka blogger akan sangat cocok untuk anda.

Kesuksesan bagi seorang blogger maupun youtuber adalah tentang bagaimana mereka mampu mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin. Karena semakin banyak pengunjung, semakin besar kemungkinan anda menghasilkan banyak uang.

Semoga bermanfaat..

Belum ada Komentar untuk "Youtuber Atau Blogger Mana Yang Terbaik? Ini Ulasan Lengkapnya..."

Posting Komentar

Berkomentar menggunakan Akun Gmail agar mendapat notifikasi balasan dari Admin ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel