Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VPS Windows Indonesia vs Linux


VPS Windows Indonesia merupakan salah satu jenis server virtual untuk menyimpan file serta secara khusus dirancang untuk beragam aplikasi.

VPS Windows Indonesia merupakan salah satu jenis server virtual yang berguna menyimpan file serta data yang ada di website. Server virtual ini secara khusus dirancang buat menjalankan beragam aplikasi berbasiskan Windows.

Pada umumnya, VPS sering dipakai oleh developer atau perusahaan yang mempunyai banyak website. Banyak yang memilih VPS dikarenakan sumber dayanya yang besar serta tidak terbagi. VPS mempunyai CPU, Disk Space, dan RAM sehingga performa website selalu stabil.

Fungsi VPS Windows Indonesia

VPS Indonesia terbaik menjadi salah satu pilihan untuk pengguna yang membutuhkan space, resource, serta komputasi yang tinggi daripada menggunakan shared hosting. Berikut beberapa fungsi Virtual Private Server Windows Indonesia :

1. Hosting Website

Seperti yang telah Anda ketahui, salah satu fungsi VPS Windows Indonesia yaitu sebagai hosting website. Para penggunanya juga bebas untuk mengatur servernya, VPS Windows mempunyai beragam fitur yang mendukungnya saat menjadi hosting website.

Salah satunya seperti ASP.NET, merupakan framework yang membuat aplikasi web. Tidak hanya itu, ada Internet Information Service (IIS) yang merupakan web server untuk membangun aplikasi web atau hosting website.

2. Active Directory DS

Active Directory DS (Domain Service) merupakan layanan yang membantu penggunanya menjadikan administrasi jaringan yang terpusat. Biasanya perusahaan menggunakannya buat mengelola data mulai dari nomor telepon, username, hingga password.

Perusahaan juga bisa memakainya untuk menghilangkan atau memberikan akses loginnya. AD DS juga berguna terutama pada perusahaan untuk membantu mengelola data yang banyak. Anda tidak perlu mengganti password pada banyak komputer satu hanya dengan satu klik.

3. Server Database

Server database merupakan suatu server yang dipakai buat mengelola dan menyimpan data. Database bisa mempercepat proses identifikasi data, membantu mengontrol data terpusat, dapat menyimpan data dengan aman, serta bisa diakses oleh multi user.

Beragam manfaat inilah yang membuat banyak perusahaan memerlukannya. Syukurnya VPS Windows Indonesia bisa difungsikan menjadi server database, dengan dua opsi sistem manajemen data yaitu MYSQL dan Microsoft SQL.

4. Server Backup

Server backup berguna sebagai penyimpanan cadangan data suatu device untuk menghindari data berharga yang hilang. Pada umumnya kerja server backup mirip seperti Google Drive. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengunggah file dan data yang diinginkan ke server.

Hal ini membuat data menjadi aman serta dapat diakses di mana saja, tapi tetap ada perbedaan platform backup dan server backup. Secara teknis, server backup memerlukan lebih banyak resources karena banyak memproses data terus menerus.

5. Remote Desktop

Remote desktop merupakan salah satu fitur VPS Windows Indonesia yang mempermudah melakukan koneksi ke server di manapun. Mulai dari mentransfer data dari PC ke server, hingga data yang ditransfer pasti terenkripsi sehingga aman dan terhindar dari hackers.

Tidak hanya itu, remote desktop juga dapat dipakai buat beragam hal lainnya. Seperti menjadikan akses internet lebih cepat, proses download jadi lebih cepat, memfasilitasi aplikasi bekerja nonstop, bahkan bisa memodifikasi server berdasarkan keinginan Anda.

Perbandingan VPS Windows dengan VPS Linux

Setelah, Anda mengetahui fungsi dari VPS Windows terbaru, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui perbandingan VPS Windows Indonesia dengan Linux. Berikut perbedaan VPS windows dengan Linux :

1. Mudah digunakan

Mudah digunakan VPS Windows lebih unggul karena memiliki Graphical User Interface (GUI). Desain GUI mempunyai ikon serta keterangan yang akan mempermudah user mengerti fungsi dari sebuah tombol.

Berbeda dengan VPS Linux yang masih memakai Command Line Interface (CLI). Jika Anda ingin memakainya, pengguna wajib mengetahui perintah yang mau dilakukan pada server, jadi dibutuhkan pengetahuan buat memakai CLI.

2. Akses Server

VPS Indonesia mempunyai kesamaan, yaitu bisa mengakses server memakai (FTP) file Transfer Protocol. FTP bisa dipakai buat transfer file ke VPS dari komputer begitu juga sebaliknya.

Sedangkan perbedaan kedua VPS ini berada pada cara untuk mengkonfigurasi server. VPS Windows memakai Remote Desktop buat mengkonfigurasi server, berbeda dengan VPS Linux yang memakai Secure Shell (SSH).

3. Control Panel

Control panel merupakan alat yang akan mempermudah Anda dalam mengatur server. VPS Windows bisa memakai berbagai jenis control panel, yang paling populer yaitu Plesk. Berbeda dengan VPS Linux yang memakai produk cPanel berupa Web Host Manager (WHM).

4. Biaya

Dalam hal biaya, pemakaian VPS Windows perlu membayar lebih mahal daripada menggunakan Linux. Hal ini dikarenakan Windows mempunyai lisensi, jadi wajib membayar biaya lisensi karena biasanya sudah termasuk biaya sewa hosting. Berbeda dengan Linux yang open source sehingga tidak perlu membayar biaya lisensi pada sebagian besarnya distro


Posting Komentar untuk " VPS Windows Indonesia vs Linux"